ANALISA PERAMALAN PENJUALAN PRODUK SUSU KENTAL MANIS CARNATION PADA CV PANGAN MAKMUR IRJA SORONG

Main Article Content

Menik Wijayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan anggaran penjualan yang di buat perusahaan dengan anggaran penjualan berdasarkan metode jumlah kuadrat terkecil. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan jumlah penjualan produk susu kental manis carnation lebih meningkat sebesar 56.756 karton dari perhitungan penjualan yang di buat oleh manajemen perusahaan yaitu sebesar 55.611 karton. Berdasarkan hasil analisis korelasi menunjukkan adanya pengaruh yang sangat kuat dari penjualan produk susu kental manis carnation dengan menggunakan metode kuadrat terkecil karena nilai korelasi (R) = 0,915 atau 92% dengan pernyataan koefisien korelasi jika nilai korelasi >0,70 maka hubungan korelasi tersebut sangat kuat. Manajemen perusahaan perlu menggunakan metode kuadrat terkecil dalam membuat ramalan penjualan karena metode ini sangat teliti mendeskripsikan angka-angka dalam perhitungan dan dapat mencegah adanya kesalahan dalam pengisian data, membuat data semakin akurat serta dapat mempersingkat waktu untuk menghitung trend penjualan yang sudah ditentukan.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, M. (2017). ANALISA PERAMALAN PENJUALAN PRODUK SUSU KENTAL MANIS CARNATION PADA CV PANGAN MAKMUR IRJA SORONG. Jurnal Pitis AKP, 1(1), 78-91. https://doi.org/10.32531/jakp.v1i1.57
Section
Articles

References

Rangkutti Freddy, (2008). Business Plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Adisaputro Gunawan dan Asri Marwan. (2003) Anggaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Wiweko Hidayat “Forecasting Penjualan”Modul tidak diterbitkan. Universitas Mercu Buana.

Boedijoewono Noegroho. (2007) Pengantar Statistika Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: STIM YKPN.

Nurmatian. (2007) “Anggaran Penjualan”. Modul tidak diterbitkan. Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Jakarta.

Christina, Ellen, M. Fuad, Sugiarto & Sukarna Edy. 2001. Anggaran Perusahaansuatu pendekatan praktis. Edisi Pertama PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Gitosudarmo Indriyo. Anggaran Perusahaan, Teori dan Soal Jawab. Edisi Pertama. Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta.
Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 78 times