EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL KORAN PADA PT MEDIA SORONG RAYA

Main Article Content

Erna Kurniawati
https://orcid.org/0000-0002-9993-9119
Fanny Jitmau

Abstract

Penentuan Harga Pokok Produksi PT Media Sorong Raya sangat diperlukan agar Biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk harus jelas, sehingga penentuan harga pokok produksinya akan tepat. Ketidaktepatan dalam perhitungan harga pokok produksi akan menyesatkan manajemen dalam membuat keputusan. dalam menentukan harga pokok produksi, semua biaya yang terjadi diperlakukan sebagai biaya produksi sehingga terdapat unsur biaya non produksi yang dimasukkan dalam elemen harga pokok produksi. Hal ini mengakibatkan ketidaktepatan dalam perhitungan harga pokok produk yang akan berpengaruh terhadap penetapan harga jual dan laba perusahaan. Untuk itu diharapkan perusahaan mampu menentukan harga pokok yang tepat sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Tujuan laporan tugas akhir ini untuk mengevaluasi kembali mengenai perhitungan harga pokok produksi PT Media Sorong Raya berdasarkan metode proses. Biaya produksi Perusahaan terdiri dari biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya lain-lain. Harga pokok produksi per satuan unit dihitung dengan cara membagi total biaya produksi selama periode tertentu dengan jumlah produk yang dihasilkan dalam periode tersebut, namun dalam biaya produksi, perusahaan tidak memasukan biaya penyusutan gedung, mesin dan biaya reparasi dan pemeliharaan mesin. Untuk itu penulis mengevaluasi kembali perhitungan harga pokok produksi guna mengetahui harga pokok produksi yang sebenarnya.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, E., & Jitmau, F. (2017). EVALUASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP PENETAPAN HARGA JUAL KORAN PADA PT MEDIA SORONG RAYA. Jurnal Pitis AKP, 1(2), 29-47. https://doi.org/10.32531/jakp.v2i1.73
Section
Articles
Author Biographies

Erna Kurniawati, Politeknik Katolik Saint Paul - Poltek St. Paul

Dosen Peneliti Program Studi Akuntansi

Fanny Jitmau, Politeknik Katolik Saint Paul - Poltek St. Paul

Dosen Peneliti Program Studi Akuntansi

References

Adolph, dkk. (1992). Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga

Baridwan Zaki. Intermediate Accounting Edisi 7. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Bustami dan Nurlela. (2007). Akuntansi Biaya: Teori dan Aplikasi. Edisi 1. Graha Ilmu, Yogyakarta

Gayle L. Rayburn. (1999). Akuntansi Biaya dengan pendekatan managemen biaya, Jakarta: Erlangga

Haryono Jusup Al. (2011). Dasar-dasar Akuntansi Edisi 2.

Horngren, Datar & Foster. (2004). Akuntansi Biaya, Jakarta:PT INDEKS

Muda, Markus. 2017. “ANALISA BIAYA PRODUKSI DENGAN MEMBANDINGKAN BIAYA STANDAR DAN BIAYA AKTUAL PADA PT TIRTA MAMBERAMO SORONG”. Jurnal Pitis AKP 1 (1), 9-15. https://doi.org/10.32531/jakp.v1i1.54.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya, Jakarta:PT INDEKS

Rahayu Yuliastuti. (2016). Panduan Praktik Akuntansi Biaya. Yogyakarta:Andi

Supriyono R. (1994). Akuntansi Biaya:Pengumpulan Biaya & Penentuan Harga Pokok, Buku I, Edisi ke-2. Yogyakarta: BPFE-UGM

Sujarweni V. Wiratna. (2015). Akuntansi Biaya Teori & Penerapannya. Yogyakarta: penerbit Pustaka Baru Press, Hal.10

Wijayanti, Menik. 2017. “PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI ES CILINDER DAN ES SERUT PADA ES ABADI SORONG”. Jurnal Pitis AKP 1 (1), 26-41. https://doi.org/10.32531/jakp.v1i1.59.
Abstract viewed = 119 times
PDF downloaded = 406 times