PENGENDALI LISTRIK AKSES PARALLEL PORT DENGAN PEMROGRAMAN BORLAND DELPHI 7.0

Main Article Content

Markus Dwiyanto Tobi
http://orcid.org/0000-0002-0968-2883
VINA N VAN HARLING
http://orcid.org/0000-0002-2533-0351

Abstract

Komputer atau disebut PC (personal Computer) sudah berada hampir di setiap rumah, gedung atau perkantoran. Kebanyakan komputer lebih sering digunakan untuk keperluan pengetikan, memutar film, mendengarkan musik dan untuk permainan atau game. Pada saat sebagian orang juga dapat menghabiskan waktu seharian di depan computer mereka. Hal ini dapat membuat orang malas untuk mengerjakan hal lain saat sibuk di depan komputer, miasalnya saja untuk menghidupkan lampu, pendingin ruangan (Air Conditioner), atau perangkat elektronik lainnya. Penelitian ini dirancang untuk mengendalikan peralatan listrik menggunakan akses parallel port dengan pemrograman Delphi 7.0. Peralatan listrik yang dikontrol adalah lampu pijar, untuk mengontrol lampu pada suatu rumah, gedung ataupun di industry-industri yang dihubungkan dan di control melalui komputer dengan memanfaatkan interface port parallel. dan untuk menghidupkan dan mematikan lampu pada suatu gedung atau tempat lainnya dapat dilakukan dengan menekan tombol-tombol yang telah dirancang pada modul program computer dan agar dapat mengakses port parallel dengan baik digunakan sebuah file library, yaitu “inpout32.dll”.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tobi, M., & VAN HARLING, V. (2018). PENGENDALI LISTRIK AKSES PARALLEL PORT DENGAN PEMROGRAMAN BORLAND DELPHI 7.0. Electro Luceat, 4(2), 26-34. https://doi.org/10.32531/jelekn.v4i2.141
Section
Articles
Author Biographies

Markus Dwiyanto Tobi, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Teknik Elektro

VINA N VAN HARLING, Politeknik Katolik Saint Paul - Poltek St. Paul

Dosen Ilmu Kimia dan Teori Terapan Program Studi Teknik Mesin Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

References

Dwiyanto, M, ST,.MT. Modul Praktikum Teknik Interface 2016.

Kadir, A. 2011. Pemograman Database dengan Delphi 7.0. Jakarta: Andi Offset.

Kurniawan, Tjandra. 2011. Tip Trik Unik Visual Basic Buku Ketiga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Prasetia, Retna, Catur Edi Widodo. 2011. Teori dan Praktek Interfacing Port Parallel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta: Andi.

Tobi, Markus Dwiyanto. "DESAIN SISTEM PENGONTROLAN PINTU AIR OTOMATIS BERDASARKAN LEVEL KETINGGIAN AIR PADA KALI REMU SORONG PAPUA BARAT." Electro Luceat 4, no. 1 (2018): 43-51.
Abstract viewed = 269 times
PDF downloaded = 350 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>