ANALISIS PERSEDIAAN OBAT RSUD SELE BE SOLU KOTA SORONG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY

Main Article Content

Calvin Liawan
Agitha Heatubun

Abstract

RSUD Sele Be Solu adalah sarana layanan kesehatan masyarakat milik pemerintah kota Sorong. Salah satu layanan kesehatan yang diberikan adalah layanan penyediaan obat. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa proses pengendalian persediaan yang dilakukan seperti saat ini, bagian gudang farmasi RSUD Sele Be Solu mengalami berbagai macam permasalahan seperti kehabisan stok obat digudang logistik obat instalasi farmasi, bayak obat yang kadaluarsa. maka untuk meningkatkan pelayanan di RSUD Sele Be Solu maka diperlukan analisis persedian obat di unit Instalasi Farmasi, sehingga penelitian ini akan menggunakan metode persediaan Economic Order Quantity (EOQ). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perhitungan dengan menggunakan Metode EOQ dapat Membantu Instalasi Farmasi RSUD Sele Be Solu Kota Sorong dalam merencanakan Ketersediaan obat sehingga obat yang disediakan berada dalam kondisi siap sedia dan tidak mengurangi kekurangan maupun kelebihan. Jika pihak Instalasi Farmasi RSUD Sele Be Solu Kota Sorong Menerapkan metode EOQ maka, dapat melakukan pengendalian terhadap jumlah pembelian obat, serta volume atau jumlah pembelian yang paling ekonomis untuk dilaksanakan dalam setia kali pembelian, atau jumlah kuantitas obat yang dapat diperoleh dengan biaya yang minimal.

Article Details

How to Cite
Liawan, C., & Heatubun, A. (2020). ANALISIS PERSEDIAAN OBAT RSUD SELE BE SOLU KOTA SORONG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY. SOSCIED, 3(1), 5-13. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v3i1.195
Section
Articles

References

Hartih, N.A., Satibi, S. and Widodo, G.P., 2013. Penerapan Metode Economic Order Quantity Dan Reorder Point Dalam Meningkatkan Efisiensi Persediaan Obat Reguler Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice), 3(4), pp.249-254.

Gustopo, D., 2016. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi (Studi Kasus Pada PT. Pancaran Mulia Sejati). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 2(2), pp.7-11.

Dyatmika, S.B., 2018. Pengendalian Persediaan Obat Generik dengan Metode Analisis ABC, Metode Economic Order Quantity (EOQ), dan Reorder Point (ROP) di Apotek XYZ tahun 2017.

Jusup, Al. Haryono. 2005. Dasar – dasar Akuntansi Jilid 2, Edisi 6. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi. Jakarta.

Tampubolon, Manahan. 2005. Manajemen Oprasional. Jakarta: Gramedia

Hamit, Priyadi. 1997. Dasar – dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE

Herjanto, Eddy. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi 2. Jakarta: Grasindo

Dimyati. 2003. Operations Research Model – model Pengambilan Keputusan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Liawan, C. and Van Harling, V.N., 2019. ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PENDAPATAN JASA KONSTRUKSI PADA PT. AGRINDO MAKMUR ABADI. SOSCIED, 2(1), pp.44-51.
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 35 times