PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA STIMIK AKI PATI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

Main Article Content

Ari Yunus Hendrawan
Listiarini Edy Sudiati

Abstract

Meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi (TI) oleh organisasi STIMIK AKI PATI berdampak pada semakin kompleksnya permasalahan yang berkaitan dengan TI. Melalui penerapan tata kelola TI yang baik, maka pemanfaatan TI menjadi lebih terarah dan terkendali. Tata kelola TI juga dibutuhkan oleh sektor pendidikan tinggi untuk menjamin bahwa investasi TI dapat memberikan manfaat bagi organisasi, khususnya untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi di STIMIK AKI PATI. Namun, setiap industri memiliki kebutuhan tata kelola TI yang spesifik. Tata kelola TI seperti COBIT 5 harus disesuaikan dengan kebutuhan STIMIK AKI PATI pendidikan tinggi sehingga menunjukkan nilai yang dibutuhkan dalam pemanfaatan TI dalam perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan kontribusi dalam perancangan model tata kelola TI pada STIMIK AKI PATI pendidikan tinggi untuk menciptakan nilai bisnis dari investasi TI. Model tata kelola TI dirancang dengan mengintegrasikan pendekatan COBIT 5.

Article Details

How to Cite
Hendrawan, A., & Sudiati, L. (2020). PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA STIMIK AKI PATI DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5. SOSCIED, 3(2), 119-127. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v3i2.276
Section
Articles

References

Abdul Hakim, Hoga Saragih, & Agus Suharto (2014) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Framework Cobit 5 Di Kementerian Esdm.

Albaar Rubhasy & Imam Maliki (2018) Rancangan Model Tata Kelola Teknologi Informasi pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Pendekatan COBIT 5, ISO/IEC 38500, dan ITG4U.

Hengki Tamando Sihotang & Jijon Raphita Sagala (2015) Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Domain Align, Plan And Organise (Apo) Dan Monitor, Evaluate And Assess (Mea) Dengan Menggunakan Framework Cobit 5 Studi Kasus: Stmik Pelita Nusantara Medan.

I Gusti Lanang A.R.P, Benyamin L.S, & Irya Wisnubhadra (2015) Evaluasi Tata Kelola Sistem Informasi Akademik Berbasis COBIT 5 di Universitas Pendidikan Ganesha.

Kadek Putri D.D., I Putu Agus S., &I Gusti Lanang A.R.P. (2018) Tata Kelola Sistem Informasi Sanken Menggunakan Framework Cobit 5.
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 29 times