ANALISIS SISTEM KEMUDI PADA ALAT PENGGEMBUR TANAH

Main Article Content

SURIYONO SURIYONO
MARKUS SAMPE BANNE

Abstract

All Terrain Vehicle (ATV) adalah sebuah kendaraan dengan penggerak mesin menggunakan motor bakar, mengunakan pula rangka khusus yang dirancang sedemikian rupa untuk dapat melintas di segala medan. ATV merupakan perpaduan antara motor roda dua dan mobil yang keduanya memiliki kelebihan masing-masing pada saat melintas di medan sulit. Pada mulanya ATV hanya digunakan oleh para pemilik perkebunan untuk alat transportasi mereka, tapi seiring dengan perkembangan jaman ATV dapat digunakan untuk banyak kegiatan di dunia otomotif seperti balap, motor penjelajah alam, kendaraan operasional tim SAR atau di Indonesia banyak disewakan untuk kegiatan lintas alam ditempat wisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sudut belokan yang maksimalkan alat penggembur tanah saat di bebani. Dari analisa serta pengujian yang dilakukan maka grafik efektif belok (kanan dan kiri) terlihat sudut efektif akan semakin membesar dimana kecepatan (rpm) yang semakin rendah. Pembesaran sudut efektif yang lebih besar terjadi pada kecepatan 1000 rpm dengan sudut 380 dan sudut efektif yang lebih kecil terjadi pada kecepatan 5000 rpm dengan sudut 340.

Article Details

How to Cite
SURIYONO, S., & BANNE, M. (2020). ANALISIS SISTEM KEMUDI PADA ALAT PENGGEMBUR TANAH. Jurnal Voering, 5(2), 55-59. https://doi.org/10.32531/jvoe.v5i2.303
Section
Articles

References

Aditya, R. 2016. Tugas Akhir Perakitan Sistem Kemudi Power Steering Tipe Rack And Pinion Pada Mobil Listrik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Arismunandar, Wiranto and Tsuda, Korchi. 2008. Diesel Motor Height Round. Jakarta: Pradnya Paramita
Novriza. 2011. Memperbaiki Sistem Kemudi dan komponen-komponennya. http://novrizalbinmuslim.files.wordpress.com/2012/09/modul-sistem-kemudi1.pdf
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 24 times