ANALISIS VARIASI PUTARAN TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOTOR DIESEL SATU SILINDER

Main Article Content

Yanri Pakan
Erwin Reynold Fadli

Abstract

Motor diesel adalah motor bakar torak yang proses penyalaannya bukan menggunakan loncatan bunga api melainkan ketika torak hampir mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar disemprotkan ke dalam ruang bakar melalui nosel sehingga terjadilah pembakaran pada ruang bakar dan udara dalam silinder sudah mencapai temperatur tinggi. Syarat ini dapat terpenuhi apabila perbandingan kompresi yang digunakan cukup tinggi, yaitu berkisar 16-25. Bahan bakar berperan penting sebagai pendorong kinerja mesin diesel menjadi lebih maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi putaran terhadap torsi dan daya pada motor diesel satu silinder dengan putaran 1200, 1500, 2000 dan 2500 rpm diberi beban dari 350, 700, 1.050, dan 1.400 watt terhadap torsi dan daya motor diesel. Hasil pengujian di dapat bahwa, pada putaran mesin 1200 dengan beban 350 watt menghasilkan torsi 1,472 Nm. Sedangkan pengaruh variasi putaran terhadap torsi motor bakar diesel yang paling besar terjadi pada putaran 2500 dengan beban 1.400 watt dan menghasilkan torsi sebesar 6,867 Nm. Dan pada putaran mesin 1200 dengan beban 350 watt menghasilkan daya 1,848 KW. Sedangkan pengaruh variasi putaran terhadap daya motor bakar diesel yang paling besar terjadi pada putaran 2500 dengan beban 1.400 watt dan menghasilkan daya 17,968 KW.

Article Details

How to Cite
Pakan, Y., & Fadli, E. (2021). ANALISIS VARIASI PUTARAN TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOTOR DIESEL SATU SILINDER. Jurnal Voering, 6(1), 33-38. https://doi.org/10.32531/jvoe.v6i1.378
Section
Articles

References

Tim Fakultas Teknik. 2003. Teknik Dasar Motor Diesel. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Tim Fakultas Teknik. 2003. Teknik Dasar Generator. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Arismunandar, Wiranto. 1988. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Penerbit ITB Bandung.
Darmawansyah. 2015. Melakukan penelitian pengaruh pembebanan dan putara mesin terhadap torsi dan daya yang dihasilkan mesin matahari MGX200/SL.
Wahyu dkk. 2013. Pengujian konsumsi bahan bakar stasioner pada 1.000 rpm selama 5 menit didapat prestasi terbaik pada konsentrasi 1:8 yaitu sebesar 33,91% (12,667 ml)
Sudik. 2013. Perbandingan Performa dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Diesel Satu Silinder dengan Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar dan Variasi Campuran Bahan Bakar Solar, Minyak Kelapa dan Minyak
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times