PENGARUH KINERJA MESIN DIESEL YANMAR L-40-E-DT TERHADAP EMISI GAS BUANG

surianto buyung liem

Abstract


Penelitian ini mempelajari Pengaruh Kinerja Mesin terhadap Emisi Gas buang sebagai campuran
bahan bakar solar terhadap prestasi mesin Diesel. Zat-zat yang merugikan dalam gas buang adalah
karbon hydrogen, nitrogen monoksida dan karbon monoksida. Pengujian dilakukan dengan
menggunakan alat test emisi gas buang pada pembebanan 750, 1000 dan 250 pada putaran kostan 3000
rpm.
Dari hasil pengujian menunjukkan Semakin besar pembebanan semakin menaikkan daya mesin maka,
kadar oksigennya menurun . Semakin besar pembebanan pemakaian bahan bakar semakin naik , kadar
oksigen menurun , kadar carbon dioksida naik, kadar oksida nitrogen juga mengalami penurunan,
kadar karbon monoksida naik.
Perubahan Efisiensi thermal sangat mempengaruhi penurunan dan kenaikan unsur-unsur kimia yang
terkandung didalam gas buang, dimana kadar oksigen, karbon dioksida naik, kadar oksida nitrogen
turun.
Karbonmonksida yang dihasilkan oleh gas buang Mesin Diesel Yanmar L 40 sebesar 0,1% lebih kecil
dari 0,3% masih dalam kondisi yang diizinkan, layak untuk dioperasikan


Full Text:

 Subscribers Only

References


Petrovesky. N, Marine Internal Combustion Engie, Translated from the Russion By Horace, E. Isakson Mir Publisher Moscow.

Streeter Victor L, Wylie Benjamin E, Prijono arko, Mekanika Fluida, Edisi Delapan Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Trommelmans. J, Prinsip-Prinsip Mesin Diesel untuk Otomotif, Penerbit PT Rosda Jayaputra Jakarta

Wiranti Arismunandar, Motor Diesel Putaran Tinggi, Edisi IV, Penerbit ITB, Bandung, 1983

Wiranto Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Edisi III, Penerbit ITB, Bandung, 1980


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.