PENGARUH KINERJA MESIN DIESEL YANMAR L-40-E-DT TERHADAP EMISI GAS BUANG

Main Article Content

surianto buyung liem

Abstract

Penelitian ini mempelajari Pengaruh Kinerja Mesin terhadap Emisi Gas buang sebagai campuranbahan bakar solar terhadap prestasi mesin Diesel. Zat-zat yang merugikan dalam gas buang adalahkarbon hydrogen, nitrogen monoksida dan karbon monoksida. Pengujian dilakukan denganmenggunakan alat test emisi gas buang pada pembebanan 750, 1000 dan 250 pada putaran kostan 3000rpm.Dari hasil pengujian menunjukkan Semakin besar pembebanan semakin menaikkan daya mesin maka,kadar oksigennya menurun . Semakin besar pembebanan pemakaian bahan bakar semakin naik , kadaroksigen menurun , kadar carbon dioksida naik, kadar oksida nitrogen juga mengalami penurunan,kadar karbon monoksida naik.Perubahan Efisiensi thermal sangat mempengaruhi penurunan dan kenaikan unsur-unsur kimia yangterkandung didalam gas buang, dimana kadar oksigen, karbon dioksida naik, kadar oksida nitrogenturun.Karbonmonksida yang dihasilkan oleh gas buang Mesin Diesel Yanmar L 40 sebesar 0,1% lebih kecildari 0,3% masih dalam kondisi yang diizinkan, layak untuk dioperasikan

Article Details

How to Cite
liem, surianto. (2017). PENGARUH KINERJA MESIN DIESEL YANMAR L-40-E-DT TERHADAP EMISI GAS BUANG. Jurnal Voering, 2(1), 15-26. https://doi.org/10.32531/jvoe.v2i1.39
Section
Articles
Author Biography

surianto buyung liem, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

References

Petrovesky. N, Marine Internal Combustion Engie, Translated from the Russion By Horace, E. Isakson Mir Publisher Moscow.

Streeter Victor L, Wylie Benjamin E, Prijono arko, Mekanika Fluida, Edisi Delapan Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Trommelmans. J, Prinsip-Prinsip Mesin Diesel untuk Otomotif, Penerbit PT Rosda Jayaputra Jakarta

Wiranti Arismunandar, Motor Diesel Putaran Tinggi, Edisi IV, Penerbit ITB, Bandung, 1983

Wiranto Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, Edisi III, Penerbit ITB, Bandung, 1980
Abstract viewed = 147 times
PDF downloaded = 96 times