PERANCANGAN SUDU-SUDU PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN TIPE SAVONIUS MINI

Main Article Content

surianto buyung liem

Abstract

Pembuatan kincir angin sumbu vertikal dapat memanfaatkan potensi angin dari segala arah,sederhana dan tidak memerlukan tempat pemasangan yang begitu luas serta menghasilkan momen yang besar merupakan pertimbangan untuk mengembangkan  turbin angin ini dalam kondisi angin di Indonesia . Tujuan pembuatan kincir angin sumbu vertikal ini adalah untuk mendapatkan alat dari kincir angin sumbu vertikal dan gambar dari alat tersebut. Hasil dari pembuatan kincir angin sumbu horisontal ini adalah dapat menghsilkan listrik yang bisa membatu untuk media pembelajaran pada kampus politeknik katolik saint paul sorong, adapun dengan pengukuran bahan yang di gunakan adalah taco meter dengan pengujian dilakukan selama 7 hari, setiap hari pengujian dimulai  dari pukul 10.00 – 15.00 wit dengan beberapa jarak dengan menggunakan spesifikasi dari kecepatan kipas angin sebesar 220 m/menit dengan hubungan antara kecepatan dengan daya aktual dengan kecepatan yang rendah 3.29 m/s dengan daya yang dihasilkan 0.0000543 watt sedangkan untuk kecepatan 3,66 m/s  yang dihasilkan daya sebesar 0,0065 watt.

Article Details

How to Cite
liem, surianto. (2017). PERANCANGAN SUDU-SUDU PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN TIPE SAVONIUS MINI. Jurnal Voering, 2(1), 35-42. https://doi.org/10.32531/jvoe.v2i1.41
Section
Articles
Author Biography

surianto buyung liem, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

References

Halliday, david& Resnick, robert, 1984, fisika, edisi ke 3, erlangga Jakarta.

Sumber : http “Adityo Putranto, Andika Praset, dkk. 2011. Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Untuk Penerangan Rumah Tangga. Semarang. Universitas Diponegoro. Pdf.

Sumber :http “Andreas Andi Setiawan, Rudy Soenoko, dkk. 2010. Pengaruh Jarak Celah Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Angin Poros Vertikal Savonius. Malang. Universitas Brawijaya. Pdf.

Sumber :http “Andri Kusbiantoro. 2010. Pengaruh Panjang Lengkung Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Angin Poros Vertikal Savonius. Malang. Universitas Brawijaya. Pdf.

Sumber : http“Hasbullah, S.Pd., MT. Energi Angin (Wind Energy). Pdf.

Sumber :http “Hendra A. 2012.Pengaruh Jumlah Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Savonius. Universitas Brawijaya. Pdf.

Pudjanarsa, astu & nursuhud, djati, 2006, Mesin Konversi Energy, edisi revisi, andi Yogyakarta, Surabaya.
Abstract viewed = 295 times
PDF downloaded = 192 times