PENGARUH VARIASI JUMLAH LENSA TERHADAP VOLUME AIR TAWAR YANG DIHASILKAN DARI ALAT PENYULINGAN AIR LAUT MENGGUNAKAN LENSA CEMBUNG

VINA N VAN HARLING

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa volume air tawar yang dihasilkan dari alat penyulingan menggunakan lensa cembung berdasarkan variasi jumlah lensa. Alat penyulingan yang digunakan dalam penelitian adalah alat penyulingan yang dirancang dan dibuat oleh peneliti untuk membantu mengatasi permasalahan ketersediaan air bersih bagi masyarakat pesisir pantai khususnya pada saat musim kemarau. Dibandingkan dengan mengandalkan air hujan yang belum tentu ada setiap hari, maka alat ini sangat membantu karena ketersadiaan bahan bakunya cukup melimpah yakni air laut yang ada disekitar masyarakat pesisir pantai. Pada variasi pertama (menggunakan 1 lensa), variasi kedua (menggunakan 2 lensa), variasi ketiga (menggunakan 3 lensa) dan variasi keempat (menggunakan 4 lensa). Dari hasil analisa dan penelitian, nilai rata-rata yang diperoleh dari alat untuk variasi jumlah lensa pertama (28,2 ml) dari volume air laut yang dipanaskan (100 ml), pada variasi jumlah lensa kedua, nilai rata-ratanya adalah (32,2 ml) dari volume air laut yang dipanaskan (100 ml), pada variasi jumlah lensa ketiga, nilai rata-ratanya adalah (45 ml) dari volume air laut yang dipanaskan (100 ml) dan pada variasi jumlah lensa keempat, nilai rata-ratanya adalah (61,8 ml) dari volume air yang dipanaskan (100 ml). Pada variasi keempat ini (menggunakan 4 lensa) yang menghasilkan volume air tawar paling banyak.


Full Text:

 Subscribers Only

References


Rositawaty, Siti., dan Aris Muharam. Senang Belajar Ilmu pengetahuan Alam : Manfaat Air. Sidoarjo : Champion P & B, 2008.

Rositawaty, Siti., dan Aris Muharam. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam : Pengertian Air. Sidoarjo : Champion P & B, 2008.

Parker, Steve. Pustaka Sains : Tubuh Kita. Bandung : Pakar Raya, 2006.

Upi, Edu. (2007) : Air Laut. http://file.upi.edu/../AIR_LAUT.PDF. download pada 27 Mei 2015.

Nurulutilities.blogspot.com>8 Maret 2011 id.m.wikipedia.org/wiki/Lensa>7 Maret 2015 id.m.wikipedia.org/wiki/Air_Tawar

Yatna, Supriyatna. (2003): Rumus Mencari Nilai Rata-rata. www.excel-id.comakses pada 26 Mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.