ANALISIS PENURUNAN EMISI CO2, NOx, SOx MESIN BAHAN BAKAR LNG (DF) TERHADAP MESIN BAHAN BAKAR DIESEL (HFO)

Main Article Content

Yolanda Jacqueline Lewerissa

Abstract

Analisis ini dilakukan adalah untuk mengetahui secara teoritis penurunan emisi CO2, NOx dan SOx pada mesin diesel berbahan bakar LNG (DF) yang dibandingkan dengan mesin diesel berbahan bakar diesel (HFO). Untuk mengetahui penurunan emisi CO2, dilakukan perhitungan-perhitungan secara teoritis yaitu perhitungan volume fraksi CO2 mesin bahan bakar LNG (DF) stoikiometrik dan aktual dibandingkan mesin bahan bakar diesel, penurunan NOx dilakukan dengan membandingkan temperatur maksimum kedua mesin dengan masing-masing bahan bakar dan penurunan SOx dengan memperhatikan komposisi total masing-masing bahan bakar. Mesin yang digunakan adalah mesin Yanmar model 6AYM-ETE yang dimodifikasi dari mesin berbahan bakar diesel menjadi mesin berbahan bakar LNG (DF). Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa Penurunan emisi CO2 untuk mesin dengan bahan bakar LNG (DF) bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar diesel (HFO) pada kondisi stoikiometrik sebesar 20,77 %, sedangkan pada kondisi aktual sebesar 23,68 %. Penurunan emisi NOx untuk mesin dengan bahan bakar LNG (DF) dibandingkan dengan mesin berbahan bakar diesel (HFO) sebesar 77,62 %. Tidak ada emisi SOx karena dari komposisi total bahan bakar LNG tidak mengandung sulfur.

Article Details

How to Cite
Lewerissa, Y. (2017). ANALISIS PENURUNAN EMISI CO2, NOx, SOx MESIN BAHAN BAKAR LNG (DF) TERHADAP MESIN BAHAN BAKAR DIESEL (HFO). Jurnal Voering, 2(1), 62-68. https://doi.org/10.32531/jvoe.v2i1.65
Section
Articles
Author Biography

Yolanda Jacqueline Lewerissa, Politeknik Katolik Saint Paul

Jurusan Teknik Mesin

References

Dr.Ir.Slamet, M. (2008). Proses Pembuatan LNG. Depok: Departemen Teknik Kimia.

Engineer, I. M. (2003, Desember). 2004 akan menjadi Fajar baru bagi Pasar Motor-motor Diesel yang Menggunakan Bahan Bakar Gas. Buletin Marine Engineer, pp. 14-17.

Engineer, I. M. (2008, Juli). Perubahan-perubahan Besar akan segera berlaku atas Peraturan Pembatasan Gas Emisi Pencemar Udara yang berasal dari Bahan Bakar Kapal. Buletin Marine Engineer, pp. 20-24.

Ferox, C. (2012, Oktober 5). LNG ship fueling.

Jafari, H. H., & Farhanieh, B. (2010). Thermodynamic Analysis of Replacing Gas Oil with Natural Gas in Diesel Engine. Journal of
Engineering, 1-12.Haraldson, L. (2011). LNG as a Fuel for Environmentally Friendly Shipping. 33RD Motorship Propulsion & Emissions Conference. Copenhagen: Wartsila Corporation.

Ir. Suparno, M. (2012). Gas Liquefaction, Product and Specification. Cepu: AKAMIGAS-STEM.

Levander, O. (2011). Dual Fuel Engines Latest Developments. Director, Concept design, MLS. Hamburg: Wartsila.

Levander, O. (2011). Fuel Selection for Ferries. Barcelona: Wartsila.

Sorensen, H. A. (n.d.). Energy Conversion Systems. Washington : Washington State University.
Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 188 times