ANALISIS PERBANDINGAN DAYA DAN TORSI PADA ALAT PEMOTONG RUMPUT ELEKTRIK (APRE)

Main Article Content

surianto buyung liem

Abstract

APRE merupakan alat pemotong rump ut elektrik yang menggunakan motor induksi 1 fasa sebagai motor penggeraknya. Untuk mengetahui seberapa besar daya listrik dan torsi yang dihasilkan, maka perlu adanyaanalisis perhitungan daya dan torsi ketika APRE berkerja tanpa diberikan dan dengan diberikan beban secara teoritis. Pada percobaan, perhitungan dan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa untuk daya listrik APRE tanpa beban sebesar 62,65 Watt dan torsi APRE sebesar 0,45 Nm, sedangkan untuk daya listrik APRE dengan beban sebesar 103,7 Watt dan torsi APRE sebesar 1,14 Nm. Dari percobaan ini, juga dapat diketahui terdapat adanya hungan antara torsi dan daya, ketika motor diberikan beban maka akan terjadi kenaikan torsi yang juga akan berpengaruh terhadap naiknya daya listrik.

Article Details

How to Cite
liem, surianto. (2018). ANALISIS PERBANDINGAN DAYA DAN TORSI PADA ALAT PEMOTONG RUMPUT ELEKTRIK (APRE). Jurnal Voering, 3(1), 19-22. https://doi.org/10.32531/jvoe.v3i1.82
Section
Articles
Author Biography

surianto buyung liem, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

Jurusan Teknik Mesin Politeknik Katolik Saint Paul Sorong

References

A.E Fitzgerald, dkk. 1997. Mesin-Mesin Listrik (terjemahan oleh Joko Achyanto). Surabaya : Erlangga.
Angga Ghazali Rizal. 2011. SkripsiMetode Perhitungan Efisiensi Motor Induksi Yang Sedang Beroperasi. Depok: Universitas Indonesia.
Daryanto. 2013. Keterampilan Kejuruan Teknik Listrik. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Suyamto. 2009. Seminar Nasional : Analisis Daya dan Torsi Pada Motor Induksi. Yogyakarta.
Mutaqin. Mesin Listrik Motor Searah.pdf
Abstract viewed = 112 times
PDF downloaded = 46 times