Analisis Komputasi Pengaruh Geometri Muka dan Kontrol Aktif Hisapan Terhadap Koefisien Hambatan Pada Reversed Ahmed Model

Main Article Content

Yunus Fa Bate
http://orcid.org/0000-0001-9306-0843

Abstract

Disain bentuk kendaraan merupakan aspek yang sangat diperhatikan untuk mengoptimalkan engine power yang dihasilkan oleh kendaraan melalui proses pembakaran bahan bakar menjadi daya dorong, traksi dan stabilitas kendaraan pada saat bergerak dengan kecepatan tertentu.  Secara umum,  kendaraan yang bergerak  akan  mengalami hambatan aerodinamika yang diakibatkan oleh aliran fluida yang bersentuhan secara langsung dengan bodikendaraan. Hambatan aerodinamika yang besar disebabkan oleh  adanya penurunan tekanan dan separasi aliran yang terjadi di bagian belakang kendaraan.Metode teknik kontrol aktif hisapan memberikan suatu prospek yang sangat baik untuk mengontrol terjadinya separasi aliran yang memberikan efek positif terhadap pengurangan hambatan aerodinamika pada kendaraan otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh geometri muka dan penggunaan kontrol aktif hisapanterhadap koefisien hambatan pada  reversed Ahmed modeldengan variasi sudut kemiringan pada bagian depan (f).Reversed Ahmed modelmerupakan model uji yang digunakan pada penelitian ini dengan variasi sudut kemiringan pada bagian depan (f) yaitu 25o, 30o, dan 35o. Penelitian dilakukan dengan pendekatan komputasi menggunakan model turbulensik-epsilon standard. Kecepatan upstream dan suction yang digunakan adalah masing-masing 13.9 m/s dan 0.5 m/s. Hasil penelitian yang diperoleh mengindikasikan bahwa geometri muka dan penggunaan kontrol aktif hisapanpada reversed Ahmed model memberikan pengaruh yang signifikan terhadap koefisien hambatan.Pengurangan koefisien hambatan terbesar terjadi dengan sudut kemiringan pada bagian depan (f)=25o yaitu 14.09%.

Article Details

How to Cite
Fa Bate, Y. (2018). Analisis Komputasi Pengaruh Geometri Muka dan Kontrol Aktif Hisapan Terhadap Koefisien Hambatan Pada Reversed Ahmed Model. Jurnal Voering, 3(1), 31-35. https://doi.org/10.32531/jvoe.v3i1.91
Section
Articles
Author Biography

Yunus Fa Bate, Politeknik Katolik Saint Paul

Program Studi Diploma IV Teknik Mesin

References

Ahmed S.R., G. Ramm and G. Faltin., SAE paper, Detroit, Michigan, USA, 840300-01 (1984)

Hinterberger C., Villalba M. G. & Rodi W., Large eddy simulation of flow around the Ahmed body, Institute for Hydromechanics, University of Karlsruhe, Germany (2004)

Fares E., Unsteady flow simulation of the Ahmed reference body using a lattice Boltzmann approach, Computers and Fluids, 35 (2006) 940-950

Minguez M., Pasquetti R. & Serre E., High-order Large Eddy Simulation of Flow over the Ahmed Body” Car Model”, Fhysics of Fluids, 20 (2008)

Uruba V., and Hladík O., On the Ahmed Body Wake, Colloquium Fluid Dynamics, Institute of Thermomechanics AS CR, v.v.i., Prague (2009)

Conan B., Anthoine J., and Planquart P., Experimental aerodynamic study of a car-type bluff body, Experimental in Fluids, 50 (2011) 1273–1284

Gillieron, P., 2003, Detailed Analysis of the Overtaking Process, J. Mech. Eng., 53 (2003) 1-17

Roumeas M., Gillieron P., and Kourta A., Drag Reduction by Flow Separation Control on a Car after Body, International Journal for Numerical Method in Fluids, 60 (2009) 1222-1240.

Harinaldi, Budiarso, Warjito, Engkos A Kosasih, Tarakka R., Simanungkalit S.P, Active Technique by Suction to Control the Flow Structure over a Van Model, Journal of Engineering and Applied Sciences, 7 (2012) 215-222

Fourrie G, Keirsbulck L., Labraga L. & Gillie´ron P., Bluff-body drag reduction using a deflector, Experimental in Fluids, 50 (2011) 385–395

User’s Guide Manual of Fluent 6.3, (2006)
Abstract viewed = 255 times
PDF downloaded = 91 times