PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK KOMERSIAL UNTUK PENDIDIKAN VOKASI

  • Ariani Amri Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-learning pada pembelajaran instalasi listrik komersial yang akan digunakan untuk mengetahui efektivitas e-learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa D4 Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan eveluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, 9 orang responden/pengguna. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa semester IV sebanyak 32 orang. Data diperoleh dari angket materi, angket media, angket respon pengguna, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa e-learning pada pembelajaran instalasi listrik komersial yang diimplementasikan kepada mahasiswa D4 Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Merkel, A. (2014). Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD C onference.https://www.bundesregierung.de/Content/EN/Reden/2014/2014-02-19-oecd-merkel-paris_en.html, Diakses pada 24 Juli 2018.
[2] Baur, C. & Wee, D. (2015). Manufacturing’s Next Act?. McKinsey & Company
[3] Christensen, B. Larry, et.all. (2011). Research Methods,Design, and Analysis. Boston: Pearson Education.
[4] Surjono, Herman Dwi. (2011). Mengubah Course E-learning berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.
[5] Surjono, H. Dwi. (2013). Membangun course e-learning berbasis moodle. UNY Press: Yogyakarta
[6] Maryadi, T. H. T. Sukisno, T., Chandra, A. N. & Atmoko, A., W. (2019). Augmented Reality-Based Instructional Media for Electrical Power Protection Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012015
[7] Nasrun, A., Alim., A., H., Rahmayanti, H., Husen, A., & Ichsan, I. Z. (2020). Environmental Disaster Education at University : An Overview in New Normal of COVID-19. 2(8), 714–719.
[8] Noor, M. (2017). Interactive Media Apps and Talk learning approach; Learners psychological and cognitive development. ICICTM 2016 - Proceedings of the 1st International Conference on Information and Communication Technology, May 2016, 209–214. https://doi.org/10.1109/ICICTM.2016.7890802
[9] Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6.
[10] Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).
[11] Supratiknya, A. (2012). Penialian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta : Universitas Sanata Darma.
[12] Nasrun, A., Alim., A., H., Rahmayanti, H., Husen, A., & Ichsan, I. Z. (2020). Environmental Disaster Education at University : An Overview in New Normal of COVID-19. 2(8), 714–719.
[13] Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design: computer based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. John Wiley & Sons California: Pfeiffer.
[14] Ozdemir, T. Y., Ozan, M. B., & Aydogan, I. (2013). Influences of Multimedia Lesson Contents On Effective Learning. Educational Process: International Journal, 2(1), 47–58.
[15] Suartama, I.K., Triwahyuni, E., Abbas, S., Hastuti, W. D., M. Usman., Subiyantoro, S., Umar., & Salehudin, M. (2020). Development of e-learning oriented inquiry learning based on character education in multimedia course. European Journal of Educational Research, Volume 9, Issue 4, 1592- 1603. doi: 10.12973/eu-jer.9.4.1591
Published
2022-12-24
How to Cite
Amri, A. (2022). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN INSTALASI LISTRIK KOMERSIAL UNTUK PENDIDIKAN VOKASI. Electro Luceat, 8(2), 52-57. https://doi.org/10.32531/jelekn.v8i2.525