SISTEM INFORMASI TIKETING HELPDESK PEMELIHARAAN ASET PADA UNIT INSTALASI TEKNOLOGI INFORMASI RSU ST. ELISABETH PURWOKERTO MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER

  • Julius Flandy Soeharjono Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Adhi Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Rosalina Yani Widiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso
  • Suyudi Suyudi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

Abstract

Rumah Sakit Umum St. Elisabeth Purwokerto adalah sebuah lembaga yang bergerak pada bidang jasa pelayanan. Dalam kegiatan operasional sehari-hari, rumah sakit ini menggunakan aset peralatan teknologi informasi yang diatur oleh unit instalasi teknologi. Aset tersebut sering mengalami kerusakan baik ringan maupun berat, sehingga diperlukan pemeliharaan. Namun, pencatatan pemeliharaan yang dilakukan masih secara manual, sehingga kegiatan tersebut menjadi kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sistem informasi tiketing helpdesk berbasis website yang dapat mempercepat pencarian data pemeliharaan aset pada unit IT Rumah Sakit Umum St. Elisabeth Purwokerto. Sistem ini dibangun menggunakan metode prototype, bahasa pemrograman PHP, dan framework Codeigniter. Sistem yang dibangun sudah melalui beberapa tahap pengujian dan evaluasi menggunakan paired sample t-test, black box testing, white box testing, dan pengujian manfaat menggunakan kuesioner. Pengujian manfaat menggunakan ISO 25010 dengan meneliti beberapa aspek diantaranya functional suitability, performance efficiency, usability, dan reliability. Aspek tersebut mendapatkan hasil rata-rata functional suitability 98,87%, performance efficiency 94,27%, usability 100%, dan reliability 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan sistem yang dibangun dapat mempermudah staff unit IT RSU St. Elisabeth dalam melakukan proses pemeliharaan aset.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Mazia, L. A. Utami, and F. K. Bintang, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada PT. Mitra Tiga Berlian Bekasi,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 6, no. 1, p. 85, Mar. 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i1.8323.
Y. F. Rizkiana, D. Awalludin, and R. Malfiany, “Rancang Bangun Sistem Informasi It Helpdesk Berbasis Web Pada Pt Dai Nippon Printing (Dnp) Indonesia,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 17, no. 1, pp. 46–55, Apr. 2022, doi: 10.35969/interkom.v17i1.200.
M. Fauzi and V. Sihombing, “SISTEM INFORMASI IT-HELPDESK UNIVERSITAS LABUHANBATU BERBASIS WEB,” vol. 3, pp. 2407–1811, 2021, doi: 10.33330/jurteksi.v7i3.1187.
S. I. Adam, J. H. Moedjahedy, and O. Lengkong, “Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat Development of Web-based IT Helpdesk Ticketing System at Universitas Klabat,” Cogito Smart Journal |, vol. 6, no. 2, 2020.
A. Alfian, Y. N. Dewi, F. W. Fibriany, H. Rianto, and A. M. Sari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Ticketing Helpdesk pada DPMPTS Pemprov DKI Jakarta,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 7, no. 2, p. 334, Apr. 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i2.2114.
B. Firmansyah, “Sistem Informasi Manajemen dan Layanan Aset TI Menggunakan Framework Codeigniter,” 2021.
F. Mubarok, Harliana, and I. Hadijah, “Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” Citec Journal, vol. 2, 2015.
Martono, “Perancangan Prototype Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang,” JURNAL ILMIAH MEDIA SISFO, vol. 12, no. 2, 2018.
Published
2024-07-31
How to Cite
Soeharjono, J., Wibowo, A., Widiastuti, R., & Suyudi, S. (2024). SISTEM INFORMASI TIKETING HELPDESK PEMELIHARAAN ASET PADA UNIT INSTALASI TEKNOLOGI INFORMASI RSU ST. ELISABETH PURWOKERTO MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Electro Luceat, 10(1), 31-45. https://doi.org/10.32531/jelekn.v10i1.754

Most read articles by the same author(s)