ANALISIS PENGARUH BEBAN TERHADAP TINGKAT KEAUSAN BAN SEPEDA MOTOR PADA JALAN RIGIT/BETON

Main Article Content

ORLIN SESA
SURIANTO BUYUNG

Abstract

Ban merupakan bagian motor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Pemilihan ban yang benar, sangat menentukan keselamatan pengendara dari bahaya slide pada jalan-jalan tertentu, dapat menurukan biaya operasional kendaraan, performance meningkat dan maintenance mudah. Informasi lengkap mengenai ban dapat dilihat di handbook yang dikeluarkan oleh pihak ban. Dalam penelitian penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban terhadap tingkat keausan. Ban yg diĀ  uji Ban Irc 80/90-17 M/C 38p, ban Dunlop 80/90-17 M/C 44p dan ban Fdr 80/90-17 M/C 48p saat melakukan perjalanan, mencegah kerusakan atau ausnya ban saat pemakaian dan memberikan kemudahan untuk mengerti distribusi berat kendaraan. Pada pembanding Kecepatan 3.000 rpm dengan beban Muatan total 130 Kg, 140 Kg dan 150 Kg, dengan waktu 2 jam setiap muatan dengan pengujian diatas Tire Tread. Bahwa untuk ban Donlop di dapatkan data pada pengujian beban 130.000gram didapatkan penurunan berat ban sebesar 6,1 gr pada pengujian 140.000 gr penurunan berat ban sebesar 8,2 dan pada pengujian 150.000 gr penurunan berat ban sebesar 10,1. Sedangkan ban Irc di dapatkan data pada pengujian beban 130.000gram didapatkan penurunan berat ban sebesar 2,1 gr pada pengujian 140.000 gr penurunan berat ban sebesar 4,2 dan pada pengujian 150.000 gr penurunan berat ban sebesar 6,1. Begitupun ban Fdr di dapatkan data pada pengujian beban 130.000gram didapatkan penurunan berat ban sebesar 3,3 gr pada pengujian 140.000 gr penurunan berat ban sebesar 5,4 dan pada pengujian 150.000 gr penurunan berat ban sebesar 7,1. Maka dapat disimpulkan bahwa ban yg paling baik digunakan adalah Ban IRC karena tingkat keausannya sangat kecil. Ban yang tingkat keausan paling tinggi adalah Dunlop.

Article Details

How to Cite
SESA, O., & BUYUNG, S. (2020). ANALISIS PENGARUH BEBAN TERHADAP TINGKAT KEAUSAN BAN SEPEDA MOTOR PADA JALAN RIGIT/BETON. Jurnal Voering, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.32531/jvoe.v5i2.302
Section
Articles

References

Anonim. 2011. Arti Kode Dan Angka Pada Ban Motor.
Alvianto, Stephen. 2015. Spesifikasi Supra X 125 R
Sutarto, A. L. 2016. Analisa Pengaruh Distribusi Berat Terhadap Pemakaian Ban Pada Honda Beat FI (Doctoral dissertation, UM Pontianak).
Ufriandi, A. 2020. Analisis Tingkat Keausan Terhadap Pemakaian Ban Merek A, B Dan C Menggunakan Ban Standar 90/90-14 46 P. Jurnal Surya Teknika, 7(2), 156-163.
Abstract viewed = 900 times
PDF downloaded = 1168 times