ANALISIS KINERJA MESIN PADA HILUX TOYOTA TIPE 2 KD-FTV – TURBO + INTERCOOLER

Main Article Content

SYAINAL LOTANG
MARLON HETHARIA

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data awal yang diambil dari data kerja mesin . Data spesifikasi mesin Mobil Hilux Toyota Mesin Tipe 2 KD-FTV -Turbo intercooler untuk mengitung kinerja mesin. Sedangkan untuk menganalisis cara kerja Turbocharger dengan menggunakan alat G.T.S untuk mengecek udara yang masuk melalui MAF sensor diteruskan ke Turbo – Intercooler – Trotel body – Ruang Bakar (angin).
Dari perhitungan kinerja kerja pada mobil Mobil Hilux Toyota Mesin 2 KD-FTV - Turbo intercooler, dimana kalor masuk (Qin) yang dihasilkan sebesar 2,244 kJ dan kalor keluar (Qout) sebesar 0,9939 kJ sehingga kerja netto (Wnet) yang dihasilkan dalam satu siklus sebesar 1,2497 kJ. Dengan demikian efisiensi termal (ηth) yang dihasilkan sebesar  55.699 %. Daya yang dihasilkan pada poros output mesin atau daya efektif (Wb) yang sering disebut sebagai daya rem (brake power) adalah 100,522 kW. Daya indikator (Wi) sebagai daya yang dihasilkan dalam silinder motor sehingga merupakan basis perhitungan atau penentuan efisiensi pembakaran atau besarnya laju panas akibat pembakaran di dalam silinder adalah 116,634 kW. Efisiensi termal yang merupakan indikasi sesungguhnya dari konversi input termodinamika menjadi kerja mekanis adalah 55.699 %. Efisiensi mekanis yang merupakan perbandingan antara (Wb) dengan daya indikator (Wi) pada mobil Toyota Hilux mesin diesel type 2KD-FTV VN Turbo ini adalah 86,186 %. Untuk pemakain atau konsumsi bahan bakar spesifik sebesar sebesar 1969,721 gr/kW.h.

Article Details

How to Cite
LOTANG, S., & HETHARIA, M. (2020). ANALISIS KINERJA MESIN PADA HILUX TOYOTA TIPE 2 KD-FTV – TURBO + INTERCOOLER. Jurnal Voering, 5(2), 65-70. https://doi.org/10.32531/jvoe.v5i2.305
Section
Articles

References

Arif, Efendy. Thermodinamika Teknik. Makassar: Membumi Publishing, 2011.
Khouvakh, M. (1979). Motor Vehicle Engines. Moscow: MIR PUBLISHERS-MOSCOW.N.
Petrovsky Prof, D. Sc. (Mech. E.). Marine Internal Combustion Engine. Moscow: MIR Publisher, n.d.
Pulkrabek, Willard W. Enginnering Fundamentals Of The Internal Combustion Engine. New Jersey: Prentice Hall, n.d.
Wiranto Arismunandar, Penggerak Mula Motor Bakat Torak, Bandung, Institut Teknologi Bandung, 1983.
Abstract viewed = 431 times
PDF downloaded = 236 times