ANALISIS TORSI YANG DI TRANSMISIKAN DARI POROS ENGKOL KE POROS PROPELER JETSKI BERTENAGA MOTOR MATIC 115 CC
Abstract
Indonesia merupakan daerah dengan salah satu garis pantai terpanjang saat ini, hal tersebut juga yang menyebabkan berkembangnya olahraga air salah satunya Jetski. Walaupun permainan Jetski saat ini masih didomonasi oleh kalangan tertentu saja. Jetski merupakan suatu permainan wisata air yang menggunakan boat bertenaga motor. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik melakukan pengujian memodifikasi mesin Jetski dengan mengunakan as propeller mesin ketingting (motor laut) untuk mengetahui transmisi putaran dari poros engkol ke poros propeller mesin jetski bertenaga motor matic mio soul. Dari penelitian yang dilakukan maka didapat pada penggunaan Torsi Poros Propeler di Darat dengan menggunakan putaran (rpm) rendah (1000 rpm) menghasilkan momen torsi sebesar 5.793,13 kg.mm dan pada putaran sedang (2000 rpm) menghasilkan 3.612,55 kg.mm sedangkan pada putaran tinggi (3000 rpm) menghasilkan 2.544,20 kg.mm. dan pada penggunaan Torsi Poros Propeler di Laut dengan menggunakan putaran (rpm) rendah (1000 rpm) menghasilkan momen torsi sebesar 491.617,64 kg.mm dan pada putaran sedang (2000 rpm) menghasilkan 77.750,55 kg.mm sedangkan pada putaran tinggi (3000 rpm) menghasilkan 33.919,11 kg.mm. Dari kedua pengujian yang dilakukan terlihat momen torsi yang dihasilkan pada poros propeller yang di uji dilaut lebih tinggi dibandingkan yang di uji didarat.
References
Kiyokatsu Suga, Profesor. Toh-In Gakuen, Technical College, Japan.
Petrovsky N. Marine Internal Combustion Engines, Mir Publishers, Moscow. 2002
Prasitio Handoko. Putaran Poros Engkol dan Transmisi Poros Propeller, CV. Karya Utama, Surabaya, 2009.
Sularso, Ir. MSME Lektor Kepala. Departemen Mesin, Institut Teknologi Bandung.
Copyright (c) 2021 Jurnal Voering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong