ANALISIS PERBANDINGAN PENYEMPROTAN INJEKTOR YMJET-FI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui atau mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang terkait dengan penyemprotan injector dengan arus yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besaran arus, tekanan pompa konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Manfaat dari penelitian ini dapat memprediksi tentang kondisi apakah injector yang digunakan masih dalam kondisi standard dan dapat menjadi acuan kepada peneliti lainnya sebagai referensi untuk membandingkan dengan produk motor injeksi lainnya dengan cc yang sama. Hasil injector yang menggunakan aki konsumsi volumenya stabil dibandingkan injector yang tanpa menggunakan aki yang konsumsi volume bahan bakarnya boros karena arus yang digunakan tidak berada pada posisi stabil (berubah- ubah. Arus yang dibutuhkan oleh injector pada motor yang tidak menggunakan aki adalah 166.6 mA, dan arus pada motor yang menggunakan aki adalah 132.5 mA. Tekanan pada motor yang tidak menggunakan aki dan yang menggunakan aki adalah sama hasilnya yaitu 2,25 Bar. Dengan jarak yang ditempuh sepanjang 6,9 Km, motor yang tidak menggunakan aki mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 300 ml Lebih boros dibandingkan motor vixion yang menggunakan aki yang hanya menghabiskan bahan bakar 150 ml dengan jarak yang sama.
References
Singh, Ryan Kumar Gunahar. Sistem Bahan Bakar EFI (Electronic Fuel Injection) Mitsubishi Langer GTi 1.8i. Laporan Tugas Akhir, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2011.
Teknik-, Otomotif.com. Komponen Sistem Bahan Bakar pada Sistem EFI. Maret 2017.
Yamaha Indonesia, Manufacturing Motor. Service Manual New Motor Vixion 150 cc. PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg, n.d.
Copyright (c) 2021 Jurnal Voering

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong