PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Nur mustika
Kamaruddin Kamaruddin

Abstract

Covid-19 disease is a deadly disease caused by the severe acute respiratory virus. This disease attacks all ages, namely the elderly, adolescents, and even early childhood. Efforts to avoid this disease by following health protocols. The purpose of this study is to provide education to early childhood for the prevention of covid-19 disease. The problem faced is the number of protocol rules for handling this disease so that children can apply it in everyday life. The method used in this research is the multimedia development life cycle (MDLC) method. The solution of this research is to design multimedia applications to make it easier to provide education to children by means of images, videos, texts and sounds that can be applied through Android-based applications.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
mustika, N., & Kamaruddin, K. (2021). PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID. Electro Luceat, 7(1), 82-88. https://doi.org/10.32531/jelekn.v7i1.345
Section
Articles

References

[1] Wardani A, Ayriza Y. 2021. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5:1 772-782.
[2] Khasanah D R A U, Pramudibyanto H, Widuroyekti B. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10:1 41:48.
[3] Farokhah L, Ubaidillah Y, Yulianti R A. 2020. Penyuluhan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok. Prosiding Semnaskat LPPM UMJ. 2714-6286.
[4] Audry C L, Putri M R, Hilmi Z M J, Firmadani F. 2020. Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Sosial. ABDIPRAJA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1:1 130-139.
[5] Islamy A, Lailiyah K, Rizal M S. 2020. Problem Efektivitas Pencegahan Covid-19 Di Indonesia Dalam Perspektif Sosiologi Hukum ( Studi Analisis Kebijakan PSBB). Mimikri. 6:2 235:248.
[6] Wuryanti U dan Kartowagiran B. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. 6:2 232:245
[7] Rohmah M K, Wahyuni K I, Ambari Y. 2021. Edukasi dan Pendampingan Dalam Pencegahan Covid-19 Melalui Aplikasi E-Health Pada Mahasiswa Stikes Rumah Sakit Anwar Medika dan Keluarga. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. 4:1 12:17
[8] Hakim, R R A. 2020. Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Community Engagement & Emergence Journal. 2:1 7:13.
[9] Etikasari B, Puspitasari T D, Kurniasari A A, Perdanasari L. 2020. Sistem Informasi Deteksi Dini Covid-19. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. 9:2 101:108.
[10] Mustika N, Wahyuningsih P. 2020. Penerapan Metode Direct Search Pada Sistem Informasi Sejarah Pahlawan Sulawesi Selatan Berbasis Android. Jurnal Elektro Luceat. 6:1 102:108
[11] Wahyuningsih P, Mustika N. 2020. Sistem Informasi Lokasi Sejarah Pahlawan Sulawesi Selatan Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android. Jurnal Elektro Luceat. 6:2 266:273
[12] Ningrum R F, Kuswardani D. 2017. Perancangan Multimedia Pengenalan Objek Wisata di Daerah Sumatera Barat. Jurnal Format. 6:2 2:10
[13] Sugiarto, H. 2018. Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad dan Angka. IJCIT(Indonesian Journal on Computer and Information Technology. 3:1 26:31.
[14] Juita, R. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air di TK Aisyiyah Kota Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona Paud. 1:1
[15] Butsianto, S. 2017. Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa-SIGMA. 6:2 112:121
[16] Santoso B, Pebriayani O. 2017. Aplikasi Pembelajaran Doa Harian Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. 2:4 220:228
Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 26 times