PENGARUH KEGIATAN SPBU JALAN BARU TERHADAP KINERJA RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN (Studi Kasus pada Ruas Jalan Depan SBPU Jalan Baru)

Main Article Content

Hendrik Momot
Vina N Van Harling
http://orcid.org/0000-0002-2533-0351

Abstract

Peningkatan aktifitas masyarakat,selalu berdampak pada permasalahan lalulintas. Kota Sorong khususny diruas Jalan Jenderal Sudirman, permasalahan lalu lintasnya, menjadi menarik untuk dianalisis dan dicari solusi penyelesaiannya karena terdapat aktifitas SPBU Jalan Baru, dimana akibat aktifitas tersebut menimbulkan adanya parkiran on street, yang dapat menurunkan kapasitas jalan. Sebagai langkah awal diperlukan adanya kajian mengenai kondisi kinerja ruas jalan yang ada saat ini pada saat adanya aktifitas SPBU. Dengan metode penelitian deskripti fkualitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh aktifitas SPBU Jalan Baru terhadap kinerja ruas jalan Jenderal Sudirman. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa pengaruh aktifitas pengantrian bahan bakan minyak (BBM) menyebabkan adanya parker pada badan jalan,yang berakibat pada menyempitnya lebar jalan dan menurunnya kinerjajalan. Dalam perhitungan,terlihat bahawa derajat kejenuhan pada kondisi normal sebesar 0,55, dan meningkat menjadi 0,63 pada kondisi adanya aktifitas SPBU.

Article Details

How to Cite
Momot, H., & Van Harling, V. (2018). PENGARUH KEGIATAN SPBU JALAN BARU TERHADAP KINERJA RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN (Studi Kasus pada Ruas Jalan Depan SBPU Jalan Baru). Jurnal Karkasa, 4(1), 51-56. https://doi.org/10.32531/jkar.v4i1.159
Section
Articles

References

Sukimah Silvia, 2008. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova,Bandung.

Direktorat Jendral Bina Marga 1997, Manual KapasitasJalan Indonesia (MKJI) Tentang jalan perkotaan
Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Sorong.

Ir. Leksmono Suryo Purranto, M.T.Ph.D.2008. Rekayasa LaluLintas. PT. Macana Jaya Cemerlang
Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 17 times