SOSIALISASI DAN PERBAIKAN INSTALASI KELISTRIKAN DI KELURAHAN PULAU SOOP DISTRIK SORONG KEPULAUAN PROPINSI PAPUA BARAT

Main Article Content

SONY RUMALUTUR
JOHANES OHOIWUTUN
ALIMUDDIN MAPPA

Abstract

Distrik Sorong Kepulauan memiliki luas 200,11 Km, kelurahan Soop merupakan daerah yang terluas yaitu 54,48 Km atau 27 % dari total luas Distrik Sorong Kepulauan Sedangkan Kelurahan Doom Barat merupakan daerah terkecil, yaitu 45,10 Km atau 22 % dari total luas Distrik Sorong Kepulauan. Dari hasil kunjungan yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Politeknik Katolik Saint Paul Sorong ditemukan bahwa di Kelurahan pulau Soop Distrik Sorong Kepulauan belum ada warga yang mempunyai kemampuan dalam memperbaiki instalasi listrik yang bermasalah serta panel listrik pada rumah warga yang rusak akan sangat berbahaya jika disentuh oleh anak-anak atau orang dewasa, sehingga banyak rumah yang tidak bisa menikmati penerangan lampu dengan baik.Pengabdian ini kami fokuskan pada bagaimana cara membantu masyarakat Desa Pulau Soop Distrik Sorong Kepulauan dalam perbaikan instalasi listrik dan penerangan yang sudah tidak terawat/rusak. Dengan adanya pengabdian ini diharapkan masyarakat Kelurahan Pulau Soop Distrik Sorong Kepulauan dapat menikmati penerangan dan dapat meningkatkan pendapatan bagi perekonomian rumah tangga karena dapat bekerja pada malam hari untuk meningkatkan perekonomian keluarganya.

Article Details

How to Cite
RUMALUTUR, S., OHOIWUTUN, J., & MAPPA, A. (2021). SOSIALISASI DAN PERBAIKAN INSTALASI KELISTRIKAN DI KELURAHAN PULAU SOOP DISTRIK SORONG KEPULAUAN PROPINSI PAPUA BARAT. JURNAL PENGABDIAN AEDIFICATE, 1(1), 12-15. Retrieved from https://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jpaf/article/view/314
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik. 2017. Luas Wilayah Papua Barat
H.Hazairin Samaulah. 2002, Teknik Instalasi Tenaga Listrik,PenerbitUnsri, Bandung.
Mahendra, Dody. 2012. Studi Pemasangan Instalasi Penerangan Jalan Umum (Studi Kasus) Rusun Cingised Kel. Cisaranten Kulon Kec.Arcamanik Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Novela Ayu. 2014. Energi Fosil. Https://novelaayu.wordpress.com/2014/04/19/ energi-fosil/. Diakses pada2 Maret 2016
Wikipedia. 2016. Energi listrik. Https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_listrik.
Abstract viewed = 75 times
PDF downloaded = 44 times