PELATIHAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MESIN MOTOR TEMPEL KASKO FIBER

Main Article Content

SIGIT HERNOWO
SARTIKA SARTIKA
SURIANTO BUYUNG

Abstract

Kebutuhan akan ketersediaan motor laut bagi nelayan adalah hal penting yang harus disiapkan sebelum melakukan aktivitas melaut untuk mata pencaharian mereka. Namun terkadang kondisi motor laut yang dimiliki oleh nelayan sering mengalami kerusakan pada body motor, sehingga diperlukan proses perbaikan yang tepat sesuai prosedur perbaikan dan perlu dilakukan pemeliharaan untuk tetap bertahan pada kondisi baik. Kondisi ini juga di alami oleh nelayan di Kabupaten Sorong khususnya kelompokkelompok penerima bantuan kapal atau mesin tempel yang bertempat tinggal di sekitar kampung Malaumkarta, distrik Makbon, berkenaan dengan hal tersebut maka dilakukan suatu kegiatan pelatihan para nelayan tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan adalah melakukan pelatihan, pembinaan dan demonstrasi praktik langsung tentang bagaimana proses pemeliharaan dan perbaikan motor temple nelayan bersama pihak-pihak terkait yang memiliki kemampuan khusus dalam mengkondisikan motor tempel kasko fiber. Hasil dari kegiatan ini adalah para nelayan mampu melakukan reparasi dan bongkar pasang terhadap motor kasko fiber secara mandiri, sehingga bila terjadi kerusakan mereka mampu untuk melakukan perbaikan juga pemeliharaan.

Article Details

How to Cite
HERNOWO, S., SARTIKA, S., & BUYUNG, S. (2021). PELATIHAN PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN MESIN MOTOR TEMPEL KASKO FIBER. JURNAL PENGABDIAN AEDIFICATE, 1(1), 16-20. Retrieved from https://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jpaf/article/view/315
Section
Articles

References

ahmad haryono, S. (2011). PEMANFAATAN FIBERGLASS UNTUK PEMBUATAN BODY PLASTIK KENDARAAN Ahmad Haryono , ST. Politeknosains, X(1), 9–20.
Budianto, M. W. A., Pascasarjana, P., & Terbuka, U. (2017). Gelar Magister limn Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan.
Direktur, P., Perikanan, J., Teknis, P., Premi, B., Nelayan, A., Jenderal, D., & Tangkap, P. (2020). Disampaikan pada kegiatan Video Conference dengan Para Penyuluh Perikanan KKP 24 Maret 2020.
Dylan Trotsek. (2017). Konsep Rumah Tangga Nelayan. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul Pelatihan Fasilitasi Melatih. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/file/epublikasi/02. BAHAN AJAR/Modul Pelatihan Teknis/03.15 Pelatihan Teknik Fasilitasi Melatih bagi Pamong Belajar/03.15 Modul Pelatihan Teknik Fasilitasi Melatih bagi Pamong Belajar.pdf
Abstract viewed = 188 times
PDF downloaded = 552 times