PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS V SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG

Main Article Content

Haryo Franky Souisa

Abstract

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistimatis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Tipe belajar mencari pasangan (make a match) dikembangkan oleh Lorna Curan (1994). Salah satu keunggulan teknik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai satu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.  Teknik ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Pada dasarnya kegiatan hasil belajar merupakan kegiatan memberikan penilaian seorang guru terhadap perkembangan siswa. Informasi mengenai hasil penilaian proses dan hasil belajar serta hasil mengajar yaitu berupa penguasaan indikator yang telah ditetapkan. Untuk peserta didik dalam pencapaian pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.  Penilaian hasil belajar terbagi atas tiga bagian yaitu : tes tormatif; tes sumatif; dan tes submatif. Maka perlu dilakukan suatu penilitian yang berjudul  Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar yang dilaksanakan di SD Inpres 53 Kabupaten Sorong.
 
 

Article Details

How to Cite
Souisa, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS V SD INPRES 53 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 2(1), 5-18. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i1.165
Section
Articles

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ari Kunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi revisi. Reneka Cipta: Jakarta

Hamzah B.Uno. 2012. Menjadi penelitian PTK yang professional. Jakarta :Bumi Aksara

Lie. A. 2005, Coorative Learning (Mempraktekan Kooperatif Learning di ruang-ruang kelas, Jakarta :Grasindo

Mulyasa,H.E.2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution S. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam proses belajar mengajar: PT. Bumi Angkasa

Purwanto. M. N, 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ratumanan. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESSA University Press

Ratumanan. 2004. Belajar dan Pembelajaran edisi 2. Surabaya : UNESSA University Press

Susilo.2009.Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Tutuhatunewa. E. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan dalam pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG). Universitas Pattimura Ambon

Wenno.2010. Desain Penelitian Pendidikan dan teknik analisa data. Jogjakarta : Grafika Indah

WinaSanjaya. 2008. Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Abstract viewed = 96 times
PDF downloaded = 97 times