ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG

Main Article Content

Haryo Franky Souisa

Abstract

Kepala sekolah sebagai kunci sukses pelaksanaan proses harus mampu memahami fungsi dan tugas serta tanggungjawab yang melekat yaitu, fungsi leadership, manajer, motivator, supervisor, inavator, manajer dan educator. Sedikitnya terdapat lima sifat layanan yang harus diwujudkan oleh kepala sekolah agar pelanggan puas, yakni layanan sesuai dengan yang dijanjikan (reability), mampu menjamin kualitas pembelajaran (assurance), iklim sekolah yang kondusif (tangible), memberikan perhatian penuh kepada peserta didik (emphaty), cepat tanggap terhadap kebutuhan peserta. Untuk meningkatkan mutu pendidikan bukanlah memanfaatkan kesanggupan guru, dan bagaiamana kepala sekolah dapat mengikutsertakan semua potensii yang ada dalam kelompoknya semaksimal mungkin. Maka dilakukan suatu penilitian yang berjudul tentang Analisis Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong (Aspek Leadership), dengan tujuan untuk mengetahui tentang analisis peran kepala sekolah sudah tercapai peningkatan profesionalisme guru sd inpres 18 kabupaten sorong dan mendiskripisikan analisis peran kepala sekolah dilihat dari aspek Leadership, yang dilaksanakan di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong.

Article Details

How to Cite
Souisa, H. (2018). ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SD INPRES 18 KABUPATEN SORONG. SOSCIED, 1(2), 34-41. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v1i2.162
Section
Articles

References

Arikunto,S, Jabar , Safruddin Abdul, 2010 . Analisis Program Pendidikan Pedoman praktis Bagi Mahasiswa dan Praktis Pendidik, Jakarta: Bimi Aksara
Mulyasa, 2014. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung PT Remaja Rosda Karya.
Rohani, Ahmad HM, Ahmadi, Abu, 1991. Pedoman Penyelnggaraan Admistrasi di sekolah . Jakarta : Bumi Aksara.
Sallis, E, G, 2011. Total Quality Management ini Education; Manajemn Mutu Terpadu Pendidikan . Yogjakarta : ….
Sagala, Syaiful, 2005. Admistrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Suparlan, 2006. Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat.
Usman Husaini, 2009. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Moh, 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung Remaja Rosda Karya.
Wahjosumidjo, 2001. Kepemimpinan Kepala Sekolaj Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Abstract viewed = 345 times
PDF downloaded = 252 times