PENGARUH BENTUK GEOMETRI BATANG TERHADAP STABILITAS STRUKTUR RANGKA BATANG

Main Article Content

Yusverison Andika
Suriano Buyung

Abstract

Kuda-kuda dengan bentuk rangka batang sudah banyak digunakan dalam konstruksi saat ini. Bentuk rangka batang sangat dipengaruhi oleh banyaknya batang penyusun serta bentuk geometriknya. Rangka batang Tipe howe dan pratt paling umum digunakan sebagai bentuk kuda-kuda. Perbedaan kedua bentuk rangka batang tersebut terletak pada arah batang diagonalnya. Selain batang diagonal kedua bentuk rangka batang tersebut tetap menggunakan batang vertikal. Untuk mendesain struktur rangka kuda-kuda, pertama yang harus dilakukan membuat desain awal dari bentuk struktur yang akan direncanakan. Dalam penelitian ini perhitungan menggunakan software STAADPro untuk mengaplikasikan desain model awal ini ke dalam permodelan struktur dua dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk geometri batang mempengaruhi besarnya gaya batang dan jenis gayanya serta perubahan batang vertikal menjadi diagonal pada rangka tipe Pratt menjadikan stabilitas struktur menjadi lebih baik karena perpindahan titik buhul menjadi lebih kecil. Dari ketiga model yang telah dibahas rangka batang tipe Howe merupakan struktur rangka batang yang paling baik karena paling kecil perpindahan titik buhulnya.

Article Details

How to Cite
Andika, Y., & Buyung, S. (2023). PENGARUH BENTUK GEOMETRI BATANG TERHADAP STABILITAS STRUKTUR RANGKA BATANG. Jurnal Karkasa, 9(2), 36-40. https://doi.org/10.32531/jkar.v9i2.646
Section
Articles

References

BSN. (2020). Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural. Jakarta.

BSN. (2020). Beban Desain Minimum dan Kriteria Terkait untuk Bangunan Gedung dan Struktur Lain. Jakarta.

Setiawan, A. (2008). Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD. Jakarta: Erlangga.

Schodek, D. L. (1991). Struktur. Bandung: Erlangga.

Holmes, J. (2002). Design Wind Speed for the Asia-Pasific Region. Sydney: Standard Australia International Ltd.

ASCE/SEI. (2013). Minimum Design Loads for Buildings and Other Structures (Vols. 7-10). Virginia: American Society of Civil Engineers.

Segui, W. T. (2013). Steel Design. Boston: Nelson Education Ltd.
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 16 times