PENGARUH PERTUMBUHAN KENDARAAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SUNGAI KAMUNDAN KOTA SORONG
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Sejalan dengan peningkatan aktifitas ekonomi penduduk di kota Sorong, pertumbuhan kendaraan pun meningkat setiap tahun. Kondisi ini berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peningkatan jumlah kendaraan terhadap kinerja ruas jalan Sungai Kamundan kota Sorong. Dengan metode deskriptif - kualitatif, hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kendaraan berpengaruh pada peningkatan volume lalu lintas dan derajat kejenuhan, yang berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan (level of service). Pada tahun 2018 volume lalu lintas 825 smp/jam, derajat kejenuhan = 0,41 dengan LOS = C, dan pada tahun 2024 Level of Service jalan Sungai Kamundan berada pada posisi D dimana pada level ini sudah terjadi kemacetan.
Sejalan dengan peningkatan aktifitas ekonomi penduduk di kota Sorong, pertumbuhan kendaraan pun meningkat setiap tahun. Kondisi ini berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peningkatan jumlah kendaraan terhadap kinerja ruas jalan Sungai Kamundan kota Sorong. Dengan metode deskriptif - kualitatif, hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kendaraan berpengaruh pada peningkatan volume lalu lintas dan derajat kejenuhan, yang berdampak pada menurunnya tingkat pelayanan jalan (level of service). Pada tahun 2018 volume lalu lintas 825 smp/jam, derajat kejenuhan = 0,41 dengan LOS = C, dan pada tahun 2024 Level of Service jalan Sungai Kamundan berada pada posisi D dimana pada level ini sudah terjadi kemacetan.
Article Details
How to Cite
Ola, J. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN KENDARAAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN SUNGAI KAMUNDAN KOTA SORONG. Jurnal Karkasa, 6(2), 39-46. https://doi.org/10.32531/jkar.v6i2.247
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Jakarta.
Moh Nazir, 2011, Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Susilo, Y.O., Joewono, T.B., Santoso, W., dan Parikesit, D. (2007) A Reflection of Motorization and Public Transport in Jakarta Metropolitan Area, IATSS Research, Vol.31 No.1
World Bank, (1998), World Development Report 1998/99, Oxford.
Moh Nazir, 2011, Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Susilo, Y.O., Joewono, T.B., Santoso, W., dan Parikesit, D. (2007) A Reflection of Motorization and Public Transport in Jakarta Metropolitan Area, IATSS Research, Vol.31 No.1
World Bank, (1998), World Development Report 1998/99, Oxford.