PEMODELAN PERTUMBUHAN KENDARAAN DI KOTA SORONG

Main Article Content

Johanes Eudes Ola

Abstract

Peningkatan penggunaan kendaraan bermotor telah menyebabkan kemacetan, memberikan kontribusi untuk kepadatan pembangunan, mengurangi penggunaan kendaraan umum, meningkatnya pemakaian bahan bakar minyak dan dengan sendirinya polusi udara dari emisi gas buang menjadi hal yang tidak dapat terelakkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model statistik pertumbuhan kendaraan bermotor berdasarkan analisis regresi atas faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah kendaraan bermotor. Model dibangun berdasarkan data di kota Sorong dalam kurun waktu 2014-2018.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk dan PDRB per Kapita secara signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan kendaraan di kota Sorong. Selain itu, model pertumbuhan kendaraan bermotor di kota Sorong yang dibangun untuk Kendaraan Roda Dua Y =  3356,651  +  0,002 X1  +  0,001 X2, dimana Y = Jumlah Kendaraan Roda Dua, X1 = Jumlah Penduduk dan X2 = PDRB Per Kapita.  Untuk Kendaraan Roda Empat Y =  478,965  +  0,001 X1  +  0,001 X2 dimana Y = Jumlah Kendaraan Roda Empat, X1 = Jumlah Penduduk dan X2 = PDRB Per Kapita

Article Details

How to Cite
Ola, J. (2021). PEMODELAN PERTUMBUHAN KENDARAAN DI KOTA SORONG. Jurnal Karkasa, 7(1), 28-34. https://doi.org/10.32531/jkar.v7i1.248
Section
Articles

References

Acharya, S. R., dan Morichi, S. (2007) Motorization and Role of Mass Rapid Transit in East Asian Megacities, IATSS Research Vol.31 No.2

Badan Pusat Statistik Provinsi Papua Barat (2019) Papua Barat dalam Angka 2018.

Ingram, G.K., dan Liu, Z. (1997) Motorization and Road Provision in Countries and Cities, The World Bank Policy Research Paper, 1842.

Joewono, T.B., Ningtyas, D.U., dan Tjeendra, M. (2009) Causal Relationship Regarding Quality of Service of Public Transport in Indonesian Cities, Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.8.

Munawar, A. (2007) Pengembangan Transportasi yang Berkelanjutan, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Diucapkan di Depan Rapat Terbuka Majelis Guru Besar Universitas Gadjah Mada, pada tanggal 7 Februari 2007 di Yogyakarta.

Ola, J. (2012) Permodelan Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Sepeda Motor dan Jumlah Kecelaakaan Lalu Lintas di Provinsi Papua dan Papua Barat, Tesis Konsentrasi Teknik Transportasi, Program Magister Tekni Sipil, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Putranto, L.S., dan Muller, S.G. (2007) Characteristics of Private Car and Motorcycle Ownership in Indonesia, Proceeding of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.6.

Senbil, M., Zhang, J., dan Fujiwara, A. (2007) Motorization In Asia: 14 Countries and Three Metropolitan Areas, IATSS Research Vol.31 No.1, pp. 46-58

Susilo, Y.O., Joewono, T.B., Santoso, W., dan Parikesit, D. (2007) A Reflection of Motorization and Public Transport in Jakarta Metropolitan Area, IATSS Research, Vol.31 No.1.

World Bank (1998) World Development Report 1998/99, Oxford.
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times