PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TCL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SMA NEGERI 3 KOTA SORONG

Main Article Content

agustinus gideon gifelem

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis teks prosedur peserta siawa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kota Sorong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran TCL terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan jenis data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, defenisi operasional variabel, uji kualitas data dan teknik analisis data untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran menulis teks prosedur dengan pendekatan kontekstual sehingga, apa yang siswa pelajari dan amati dari lingkungan sekitar sesuai dengan apa yang pernah siswa alami atau lakukan sendiri. Dapat diketahui bahwa hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL lebih tinggi dari pada tidak menggunakan pendekatan CTL. Hasil belajar pada sebelum siklus (nilai pretest) dengan nilai rata-rata 68,1 dan ketuntasan 68,4% meningkat menjadi nilai rata-rata 71 pada siklus I, namun persentase ketuntasannya tetap 68,4%. Hal ini membuktikan bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 2,1 tanpa peningkatan jumlah siswa yang tuntas. Hasil belajar pada siklus I sebesar 71 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 68,4% meningkat menjadi nilai rata-rata sebesar 87,4 dengan nilai ketuntasan sebesar 100% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 22 siswa dan ketuntasan belajar siswa sebesar 61,1%.

Article Details

How to Cite
gifelem, agustinus. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TCL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SMA NEGERI 3 KOTA SORONG. SOSCIED, 1(1), 20-34. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v1i1.112
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Huda, M. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tim Depdiknas. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Afrianti, Riza. http://repository.unib.ac.id/13620/. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Kota Bengkulu. Senin 4 Juni. 19:36 WIT
Cah Samin. 2015. Ciri-ciri Teks Prosedur Kompleks. Diakses dari laman web tanggal 6 mei 2018 dari: http://artikelmateri.blogspot.co.id/2015/11/teks-prosedur-kompleks-pengertian-tujuan-ciri-struktur-contoh.html
Nanda, R. 2015. Langkah-langkah Penyusunan Teks Prosedur Kompleks. Diakses pada laman web tanggal 6 mei 2018 dari: http://www.materikelas.com/2015/10/teks-prosedur-kompleks-langkah.html#
Syamsul,Arif.https://www.neliti.com/id/publications/195961/kemampuan-menulis-teks-prosedur-siswa-kelas-vii-smp-negeri-2-percut-sei-tuan-tah. Senin 4 Juni 2018. 19:36 WIT.
Abstract viewed = 339 times
PDF downloaded = 760 times