PEMANFAATAN METODE KONSEP KALIMAT DALAM KARTU DALAM KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSIKAP KRITIS TERHADAP NILAI-NILAI KRISTIANI BAGI SISWA KELAS X IPA 1 DAN X IPA 2 DI SMA NEGERI 3 KOTA SORONG TAHUN 2017
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bersikap kritis terhadap nilai- nilai Kristiani bagi siswakelas X IPA 1 dan X IPA 2 diSMA Negeri 3 Kota Sorong melalui pemanfaatan metode kalimat dalam kartu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan metode consept sentencedapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan bersikap kritis terhadap nilai- nilai Kristiani dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 47% meningkat menjadi sebesar 51% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 43% meningkat menjadi sebesar 69 % pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 49% meningkat menjadi sebesar 60% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 43% meningkat menjadi sebesar 66% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 49% meningkat menjadi sebesar 66% pada siklus II. Partisipasi dalam mengeluarkan pendapat siklus I sebesar 46% meningkat menjadi sebesar 63% pada siklus II. Partisipasi dalam menghargai pendapat teman siklus I sebesar 49% meningkat menjadi sebesar 66% pada siklus II. Partisipasi dalam menjelaskan kembali siklus I sebesar 40% meningkat menjadi sebesar 60% pada siklus II. (b) Pemanfaatan metode consept sentencedapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,64 meningkat menjadi 78,4 pada siklus II
Article Details
How to Cite
Palin, L. (2018). PEMANFAATAN METODE KONSEP KALIMAT DALAM KARTU DALAM KALIMAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERSIKAP KRITIS TERHADAP NILAI-NILAI KRISTIANI BAGI SISWA KELAS X IPA 1 DAN X IPA 2 DI SMA NEGERI 3 KOTA SORONG TAHUN 2017. SOSCIED, 1(2), 5-17. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i1.146
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Mulyasa. (2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Suyitno Imam (2017) Karya Tulis Ilmiah (cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama.
Suyitno Imam (2017) Penulisan Makalah Ilmiah(cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama
Suyitno Imam (2017) Penulisan Artikel Ilmiah (cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama
Yethie Bessie (2015) Hidup Bagi KristusPendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti (Buku Pelajaran PAK) Jakarta : BPK Gunung Mulia
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Suyitno Imam (2017) Karya Tulis Ilmiah (cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama.
Suyitno Imam (2017) Penulisan Makalah Ilmiah(cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama
Suyitno Imam (2017) Penulisan Artikel Ilmiah (cetakan ketiga) .Bandung: PT Refika Aditama
Yethie Bessie (2015) Hidup Bagi KristusPendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti (Buku Pelajaran PAK) Jakarta : BPK Gunung Mulia