MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RALLY TABLE PADA SISWA KELAS VIIIB MTS ‘SAINS’ ALGEBRA KOTA SORONG

Main Article Content

Adhar Adhar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Rally Table yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B MTs ‘Sains’ Algebra Kota Sorong  yang berjumlah 20 siswa dengan 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus.  Pada siklus pertama dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, implementasi tindakan dengan Model Pembelajaran Rally Table. Siklus kedua dilakukan tindakan sebanyak empat kali pertemuan dengan model yang sama. Pengamatan dilakukan dengan lembar observasi yang telah disiapkan, selanjutnya direfleksi oleh peneliti bersama guru untuk mengevaluasi penelitian yang telah berjalan pada setiap siklus serta untuk memperoleh perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan siklus selanjutnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII B MTs ‘Sains’ Algebra  meningkat. Nilai rata-rata tes awal  siswa 7,97 dan pada akhir siklus I nilai rata-ratanya 79,00. Sedang pada akhir siklus II  nilai rata-rata menjadi 92,90. Tindakan yang dilakukan untuk merangsang perhatian siswa adalah memberikan gambaran awal materi di awal pertemuan, dilakukannya diskusi kelompok dan presentasi siswa, memberikan kompetisi, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Rally Table.

Article Details

How to Cite
Adhar, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RALLY TABLE PADA SISWA KELAS VIIIB MTS ‘SAINS’ ALGEBRA KOTA SORONG. SOSCIED, 2(2), 29-41. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i2.171
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

FKIP Universitas Al-Amin Muhammadiyah Sorong. 2010. Panduan Penulisan Skripsi. Sorong : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNAMIN.

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Mardalis. 2010. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, Bisri. 2008. Metode Menulis Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Optimus.

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Penididkan Nasional.

Premadi. Drajadjad. 2008. Math Trick – Trick Cepat Mengerjakan Soal Perkalian. Jakarta: Gramedia.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Soejadi,Sudjana, Nana.2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen. 2009. Bandung: Citra Umbara.

Trisnawati, Fetria, Nika. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Skripsi. Sorong: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionl.2004. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Widati, Adin, Oktari. 2008, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Aritmetika Cepat Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 8 Sorong. Skripsi. Sorong: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong.
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 9 times