STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATERI SISTEM OPERASI JARINGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN PRAKTEK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ SMKN 3 SORONG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar materi sistem operasi jaringan antara pembelajaran berbasis literasi, dan praktek dengan pembelajaran berbasis literasi pada siswa kelas XI jurusan teknik komputer jaringan SMK Negeri 3 Sorong tahun 2019/2020. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Sorong dengan subyek penelitian siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai target penelitian adalah kenaikan hasil belajar dan kenaikan rata-rata kelas dari setiap siklus. Pola rancangan eksperimen yang digunakan adalah Simple randomized design. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: Ada perbedaan hasil belajar Materi Sistem Operasi Jaringan Antara Pembelajaran Berbasis Literasi dan Praktek dengan Pembelajaran Berbasis Literasi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Sorong Tahun 2019/2020, Hasil pembelajaran berbasis literasi dan praktek lebih baik dibandingkan pembelajaran berbasis literasi dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,62, Pembelajaran berbasis literasi dan praktek siswa dapat membantu siswa untuk mencapai ketuntasan belajar
Article Details
How to Cite
Tobi, M., & Van Harling, V. (2020). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATERI SISTEM OPERASI JARINGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN PRAKTEK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ SMKN 3 SORONG. SOSCIED, 3(2), 113-118. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v3i2.231
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Undang – undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Adiputra, I. N. S., Sugihartini, N., Wahyuni, D. S., & Sunarya, I. M. G. (2014). Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 3(1), 19-26.
Kamdi, W., & Dewi, D. M. (2019, January). The Effectiveness of Industrial Work Practice in Preparing the Capabilities of Students to Enter the Business, Industrial World (DUDI) and Industrial Revolution 4.0. In 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018). Atlantis Press.
Bashori, I. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PJOK MATERI TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTEK SISWA KELAS V SDN BANJAR KEMUNING. Journal of Indonesian Education, 2(1), 49-56.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Hadi. A. (2016). Administrasi Jaringan Komputer. Kencana: Jakarta
Parmiati. Yunita. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penulisan PTK Melalui Metode Latihan & Praktek Gugus VI Kartini UPT Pendidikan Kec. Laweyan Kota Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dwija Utama. Edisi 42. Volume 10.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Andriana. W. (2019). Konsep Sistem Operasi Jaringan, https://www.academia.edu/40574321/Konsep_Sistem_Operasi_Jaringan
Buchori Hasan. (2019). Administrasi Jaringan Komputer. https://www.academia.edu/28141294/SISTEM_OPERASI_JARINGAN_2
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didaktika, 10(02), 1-18.
Hanifah. N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas, Teori dan Aplikasi. UPI Press. Bandung.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Adiputra, I. N. S., Sugihartini, N., Wahyuni, D. S., & Sunarya, I. M. G. (2014). Pengembangan E-Modul pada Materi “Melakukan Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI dan Text” untuk Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 3(1), 19-26.
Kamdi, W., & Dewi, D. M. (2019, January). The Effectiveness of Industrial Work Practice in Preparing the Capabilities of Students to Enter the Business, Industrial World (DUDI) and Industrial Revolution 4.0. In 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018). Atlantis Press.
Bashori, I. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PJOK MATERI TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTEK SISWA KELAS V SDN BANJAR KEMUNING. Journal of Indonesian Education, 2(1), 49-56.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Hadi. A. (2016). Administrasi Jaringan Komputer. Kencana: Jakarta
Parmiati. Yunita. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Penulisan PTK Melalui Metode Latihan & Praktek Gugus VI Kartini UPT Pendidikan Kec. Laweyan Kota Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dwija Utama. Edisi 42. Volume 10.
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Andriana. W. (2019). Konsep Sistem Operasi Jaringan, https://www.academia.edu/40574321/Konsep_Sistem_Operasi_Jaringan
Buchori Hasan. (2019). Administrasi Jaringan Komputer. https://www.academia.edu/28141294/SISTEM_OPERASI_JARINGAN_2
Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Studia Didaktika, 10(02), 1-18.
Hanifah. N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas, Teori dan Aplikasi. UPI Press. Bandung.