Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Mahasiswa

Main Article Content

Stefany Margareta Martono

Abstract

Multimedia merupakan salah satu penunjang dalam proses belajar di kelas, karena mampu meningkatkan minat mahasiswa. Penggunaan multimedia di dalam kelas merupakan suatu model pembelajaran inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan daya pikir mahasiswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas berbasis multimedia terhadap hasil belajar Fisika pada mahasiswa semester I TA.2017 Prodi Teknik Sipil Politeknik Saint Paul. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan kelompok sampel dilakukan secara random. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I TA. 2017, dengan jumlah mahasiswa 22 orang tiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung lebih dari ttabel, hal ini dibuktikan dengan perhitungan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian tugas berbasis multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar pada mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Martono, S. (2017). Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Mahasiswa. Jurnal Karkasa, 3(1), 29-31. https://doi.org/10.32531/jkar.v3i1.105
Section
Articles
Author Biography

Stefany Margareta Martono, Politeknik Katolik Saint Paul

Jurusan Teknik Sipil

References

Al–Hafizh Mushihin. 2012. Metode pemberian tugas dalam pembelajaran. http://www.Referensimakalah.com/2012/10/metode-pemberian tugas dalam pembelajaran.html
AsrilZainal.2011.MicroTeaching.Jakarta:Rajawali Pers.
Cronbach, Lee J.1990.Essentials of Psycho-logical Testing. Fifth edition. New York: Harper and Row Publishers.
Desi. 2007. “Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Melalui Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 10 Palembang”. Universitas Sriwijaya.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Mardana, I Gede. 2013. “Penggunaan Mul-timedia berbasis masalah untuk me-ningkatkan kompetensi dasar Fisika Mahasiswa”.(ejournal.undiksha.ac.Id/ index.Php/JPP/article/download/1689/1477 )
Martono, Stefany. 2014. “Pengaruh Pemberian Tugas Berbasis Multimedia dengan Strategi Belajar Tuntas terhadap hasil belajar Fisika pada Materi Impuls dan Momentum”. (http: //id. Portal garuda . org / index . php ? ref = browse & mod = view article & article = 302704)
Munir, Dr, M.IT. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Prastika.2013.“Pengaruh Penggunaan Multi-media Interaktif Berbasis Komputer Model Instruction Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Pelajaran Fisika”.
Sudjana Nana, Dr. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kom-binasi (Mixed Methods). Yogyakarta: Alfabeta CV.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Yogyakarta: Alfabeta CV.
Wena,Made.2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wospakrik,Hans J.1993. Dasar-dasar Mate-matika untuk Fisika. Jakarta: Depdik-bud.
Abstract viewed = 87 times
PDF downloaded = 135 times