EVALUASI JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA JALUR TUNGGAL TIPE WELDED THROUGH TRUSS

Main Article Content

Algazt Aryad Masagala

Abstract

Jembatan kereta api BH 935 berada di desa Muara Lawai, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan atau berada di wilayah divre III Sumatra Selatan. Jembatan yang terbentang sepanjang 37 m diatas anak sungai Lematang di bangun di atas 2 abutmen dan menggunakan jembatan rangka baja jenis WTT.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kekuatan dan keamanan struktur jembatan serta lendutan pada jembatan kereta api BH 935 dengan mengacu pada menggunaan PM No. 60 tahun 2012 tentang persyaratan teknis kereta api Indonesia dan SNI 2833-2016 tentang beban gempa pada jembatan dan menggunakan peta gempa tahun 2017. Analisis dilakukan secara bertahap dimulai dari pemodelan jembatan, pembebanan, analisis kekuatan dan kemanan frame serta analisi lendutan pada jembatan. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh bahwa semua frame yang ada di jembatan dinyatakan aman, karena dari perhitungan kontrol lentur, kontrol kuat geser, tahanan nominal tekan dan tarik gaya output yang dihasilkan lebih kecil dari nilai maksimum rencana. Untuk lendutan memiliki nilai U3 52,77 mm pada beban gempa staktik, dan U3 76,52 mm pada beban gempa dinamik, sedangkan lendutan izin dari jembatan tersebut adalah 46,4 mm. Maka lendutan dinyatakan tidak aman karena nilai lendutan yang terjadi pada jembatan lebih besar dari nilai lendutan izin.

Article Details

How to Cite
Masagala, A. (2022). EVALUASI JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA JALUR TUNGGAL TIPE WELDED THROUGH TRUSS. Jurnal Karkasa, 8(2), 25-31. https://doi.org/10.32531/jkar.v8i2.558
Section
Articles

References

Baja Tulangan Beton, SNI 2052 : 2017, 2017.

Irfan, M, “Perbandingan Struktur Atas Jembatan Kereta Api Tipe Wareen Truss Dengan Tipe K-Truss”, Universitas Teknologi Yogyakarta, 2021.

Kurnia, H. A, “Modifikasi Perencanaan Jembatan Kereta Api Lahor Dengan Menggunakan Konstruksi Busur Rangka Baja”, Departemen Teknik Sipil ITS, Surabaya, 2017.

Masagala, A. A, “Jembatan Truss Dengan Analisis SAP2000”, PACE, Padang, 2022.

Masagala, A. A, “Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo”, Semesta Teknika, 25, 71-79, 2022.

Muspitasari, T, “Evaluasi Peraturan Pembebanan Gandar Kereta Api Di Pulau Jawa Terhadap Kondisi Aktual”, Jurnal Teknik Sipil UAJY Vol.14 (3), 182–187, 2017.

Pembebanan Untuk Jembatan, SNI 1725: 2016, 2016.

Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, RSNI T-03-2005, 2005.

Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, SNI 2833 : 2016, 2016.

Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api, Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No. 60 Tahun, 2012.

Supriyadi, B., & Muntohar, A. S, “Jembatan”, Yogyakarta: Beta Offset, 2013.
Abstract viewed = 443 times
PDF downloaded = 801 times