DESAIN STRUKTUR CABLE STAYED BRIDGE TYPE FAN PATTERN (JEMBATAN KEBON AGUNG 2, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Main Article Content

Algazt Aryad Masagala
Samun Rinasa Adi

Abstract

Jembatan Kebon Agung 2 terletak di Sleman, D.I. Yogyakarta memiliki bentang 200 m, lebar 7 m, dan memiliki dua trotoar dengan lebar 1 m. Dipilihnya tipe jembatan cable stayed dimaksudkan bahwa tipe jembatan tersebut merupakan tipe jembatan yang digunakan untuk bentang panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh hasil desain struktur jembatan Cable Stayed tipe Fan Pattern. Komponen struktur utama menggunakan material baja BJ 37 dan beton fc’ 25 MPa. Dari hasil perencanaan didapatkan dimensi profil baja gelagar memanjang menggunakan Box 1200.500.20.20, untuk End Cross Girder menggunakan IWF 700.300.13.24, Cross Girder menggunakan IWF 900.300.16.28, Stringers menggunakan IWF 450.200.9.14, Wind Bracing menggunakan IWF 200.200.8.12, serta sambungan menggunakan baut mutu tinggi A-325. Dimensi kabel secara total menggunakan Ø130 mm dengan jumlah angkur 61. Slab komposit tebal 20 cm dengan tulangan pokok Ø16-150 mm dan tulangan bagi Ø13-150 mm. Nilai lendutan maksimum yaitu 0,10 m dengan nilai lendutan ijin yang disyaratkan sebesar 0,13 m.

Article Details

How to Cite
Masagala, A., & Adi, S. (2024). DESAIN STRUKTUR CABLE STAYED BRIDGE TYPE FAN PATTERN (JEMBATAN KEBON AGUNG 2, SLEMAN, YOGYAKARTA). Jurnal Karkasa, 10(1), 1-8. https://doi.org/10.32531/jkar.v10i1.745
Section
Articles

References

Badan Standarisasi Nasional. (2005). Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan. Jakarta: RSNI T-03-2005.

Badan Standarisasi Nasional. (2008). Tali Kawat Baja. Jakarta: SNI 0076 : 2008.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: SNI 1726 : 2016.

Badan Standarisasi Nasional. (2016). Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Jakarta: SNI 2833 : 2016.

Irawan, R., Tristanto, L., & Virlianda, T. (2011). Perencanaan Teknis Jembatan Cable Stayed. Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2010). Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum No.02/SE/M/2010 tentang Pemberlakukan Pedoman Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Jembatan Gantung Untuk Pejalan Kaki. Jakarta.

Masagala, A. A. (2022). Jembatan Truss Dengan Analisis SAP 2000. PACE, Padang, Sumatera Barat.

Masagala, A. A. (2022). Desain Struktur Jembatan Kereta Api Tipe Concrete Through Arch: Studi Kasus Jembatan Kereta Api BH 1828 Purworejo. Semesta Teknika, 25, 71-79.

Setiawan, B., & Masagala, A. A. (2019). Perancangan Struktur Atas Jembatan Busur Baja Tipe Tied Arch Bridge Bentang 60 M (Studi Kasus: Jembatan Kali Putih, Magelang). Jurnal Renovasi UST, Yogyakarta.

Supriyadi, B., & Muntohar, A. S. (2013). Jembatan. Yogyakarta: Beta Offset.
Abstract viewed = 178 times
PDF downloaded = 130 times