Pemodelan Simonev Perkuliahan Di Era New Normal STMIK AKI

Main Article Content

Lia Fitriana
Listiarini Edy Sudiati
Ninik Haryani

Abstract

Dengan adanya pandemi COVID 19 di Indonesia, membawa dampak pada perubahan sistem perkuliahan di STMIK AKI. Sistem perkuliahan yang selama ini  tatap muka menjadi perkuliahan online selama pandemi. Perubahan ini seharusnya diikuti dengan perubahan sistem monitoring dan evaluasi terhadap sistem peruliahan yang baru yaitu secara online. Selama ini badan Penjamin Mutu belum mempersiapkan sistem monitoring dan evaluasi perkuliahan online, sehingga untuk melaksanakan monev timbul permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model sistem monitoring dan evaluasi perkuliahan di era new normal. Di era normal ini perkuliahan bisa dilakukan secara tatap muka apabila kondisi sudah memungkinkan dan perkuliahan secara online. Jadi pemodelan simonev dirancang untuk perkuliahan tatap muka dan perkuliahan online. Metode yang digunakan adalah metode waterfall.

Article Details

How to Cite
Fitriana, L., Edy Sudiati, L., & Haryani, N. (2023). Pemodelan Simonev Perkuliahan Di Era New Normal STMIK AKI. SOSCIED, 6(2), 338-346. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.688
Section
Articles

References

Suparno, Luluk Asmawati. (2019). Monitoring Dan Evaluasi Untuk Peningkatan Layanan Akademik Dan Kinerja Dosen Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Tahun 6, Nomor 1 Juli 2019.

Achmad Nasihi, Tri Asihati Ratna Hapsari. (2022). Monitoring Dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning Vol. 1, No. 1, November 2022.

ayatarno. (2022). Penerapan Model Monitoring dan Evaluasi Kepala Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Capaian Mutu Sekolah. Journal of Clasroom Action Research. Volume 84 Nomor 1, 39-43

Imam Safi’i. (2017). Perancangan Sistem Informasi Jurnal Perkuliahan Sebagai Upaya Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran. JATI UNIK, 2017, Vol. 1, No. 1, Hal. 1-9.

Sahmad, Tomy Dwi Cahyono, M.Julkarnain. (2019). Sistem Monitoring Dan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar (E-Monev Kbm) Berbasis Web. Jurnal JINTEKS Vol. 1 No. 2

Ilham Masykuri Hadi, Tukino, Ahmad Fauzi. (2020). Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Standar Pembelajaran Menggunakan Framework Codeigniter. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2020).

Nana Supiana. (2022). Pengembangan Aplikasi Geolocation Untuk Monitoring Lokasi Mahasiswa Selama Pandemi Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus : Stmik Insan Pembangunan). Jurnal Khatulistiwa Informatika VOL. 10 NO. 1 Juni 2022 Halaman : 74 – 80.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020.

Roger S. Pressman. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta, Andi.
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 22 times

Most read articles by the same author(s)