ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF eWOM ON IMPULSE BUYING DECISIONS WITH TRUST: A STUDY ON ONLINE FASHION SHOP
Main Article Content
Abstract
Many studies have been conducted on electronic word of mouth (eWOM) and have shown varying results, therefore a more comprehensive review needs to be carried out. The aim of this study is to build a model of the relationship between eWOM variables (quality and quantity) on impulse buying which is mediated by trust. The analytical method used was an explanatory method by explaining the causal relationship between eWOM variables (quality and quantity), trust, and impulse buying. The population in this study were people who had shopped online with a sample of 340 people. The analytical tool used Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS software tools. We found that eWOM (quality and quantity) influences impulse buying.
Article Details
How to Cite
Mubalus, M. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF eWOM ON IMPULSE BUYING DECISIONS WITH TRUST: A STUDY ON ONLINE FASHION SHOP. SOSCIED, 7(1), 252-269. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.785
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Antarizkia, R., & Arif, M. E. (2022). The Influence Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth To Purchase Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(3), 383-392.
Kustianti, D. D. N. (2019). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian ulang kartu seluler telkomsel. Psikoborneo, 7(1), 83-92.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Bruyn, A. D., & Lilien, G. L. (2008). Am Multi- Stage Model of word-of mouth influence Through viral Marketing. Research in Marketing, 151-163.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Boutaina, C. B., & Fathi, B. (2016). "is negativ eWOM more influential than negative eWOM?''. Theory of Service and Practice, 26.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syahputra, S. (2023). Peran Promosi Dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, 145.
Indonesia, G. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SISI BARAT COFFEE BOGOR TAHUN 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Salim, R. (2020). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STEI INDONESIA) (Doctoral dissertation, STEI Rawamangun-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Robustin, T. P., & Fauziah, A. (2018, October). Pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada masyarakat di kota Jember. In Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis III (SNMB3) (pp. 94-101). universitas jember.
GUNTARA, M. (2021). Pengaruh Karakteristik EWOM Terhadap Niat Pembelian Kembali Secara Online: Dimediasi oleh Peran Kepercayaan dan Kegunaan yang Dirasakan (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Wahyunie, D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Branchless Banking (Studi Kasus Bank CIMB Niaga Kantor Cabang Pinangsia Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(1), 13-18.
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32-39.
Valentina, R. A. N. (2020). Pengaruh E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Dengan Trust Sebagai Variable Intervening Pada Aplikasi Fintech OVO. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 8.
Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pizza hut cabang simpang lima. Journal of Management, 1(1).
Haroen, R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt Nusantara Surya Sakti). Jurnal Manajemen dan Bisnis Jayakarta, 1(2), 101-120.
Wauran, P. (2016). Pengaruh promosi penjualan dan servicescape terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Freshmart Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).
Wahyudi, S. (2017). Pengaruh price discount terhadap impulse buying. Valuta, 3(2), 276-289.
Anggrayeni, D., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh EWOM, Kepercayaan Online, dan Kenyamanan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 60-71.
Hariono, L. (2018). Apakah e-wom (electronic word of mouth) bisa mengalahkan wom (word of mouth) dalam mempengaruhi penjualan produk kuliner. Competence: Journal of Management Studies, 12(1).
Paludi, S. (2016). Analisis pengaruh electronic word of mouth (E-wom) terhadap citra destinasi, kepuasan wisatawan, dan loyalitas destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Panorama Nusantara, 11(1).
Aditya, U. N., & Waluyo, M. (2020). Analisis hubungan faktor-faktor electronic word of mouth dalam proses keputusan pembelian mitsubishi xpander. JUMINTEN, 1(2), 81-92.
Aragoncillo, L., & Orus, C. (2018). Impulse buying behaviour: an online-offline comparative and the impact of social media. Spanish Journal of Marketing-ESIC, 22(1), 42-62.
Anggrayeni, D., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh EWOM, Kepercayaan Online, dan Kenyamanan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 60-71.
Fajar, A. (2019). KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEADILAN TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM E-COMMERCE (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Park, E. J., Kang, E. M., & Jung, Y. J. (2014, July). Assessing e-impulse buying for fashion products: The role of browsing and urges to buy. In Global Marketing Conference (pp. 1469-1471).
Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.
Dwitya, B. H. K. (2023). Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Dalam Live Streaming Shopping (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Kustianti, D. D. N. (2019). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian ulang kartu seluler telkomsel. Psikoborneo, 7(1), 83-92.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Bruyn, A. D., & Lilien, G. L. (2008). Am Multi- Stage Model of word-of mouth influence Through viral Marketing. Research in Marketing, 151-163.
Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Boutaina, C. B., & Fathi, B. (2016). "is negativ eWOM more influential than negative eWOM?''. Theory of Service and Practice, 26.
Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., ... & Purbasari, R. (2023). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syahputra, S. (2023). Peran Promosi Dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, 145.
Indonesia, G. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SISI BARAT COFFEE BOGOR TAHUN 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Salim, R. (2020). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STEI INDONESIA) (Doctoral dissertation, STEI Rawamangun-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia).
Robustin, T. P., & Fauziah, A. (2018, October). Pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada masyarakat di kota Jember. In Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis III (SNMB3) (pp. 94-101). universitas jember.
GUNTARA, M. (2021). Pengaruh Karakteristik EWOM Terhadap Niat Pembelian Kembali Secara Online: Dimediasi oleh Peran Kepercayaan dan Kegunaan yang Dirasakan (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
Wahyunie, D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Branchless Banking (Studi Kasus Bank CIMB Niaga Kantor Cabang Pinangsia Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(1), 13-18.
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32-39.
Valentina, R. A. N. (2020). Pengaruh E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty Dengan Trust Sebagai Variable Intervening Pada Aplikasi Fintech OVO. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 8.
Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pizza hut cabang simpang lima. Journal of Management, 1(1).
Haroen, R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt Nusantara Surya Sakti). Jurnal Manajemen dan Bisnis Jayakarta, 1(2), 101-120.
Wauran, P. (2016). Pengaruh promosi penjualan dan servicescape terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Freshmart Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).
Wahyudi, S. (2017). Pengaruh price discount terhadap impulse buying. Valuta, 3(2), 276-289.
Anggrayeni, D., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh EWOM, Kepercayaan Online, dan Kenyamanan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 60-71.
Hariono, L. (2018). Apakah e-wom (electronic word of mouth) bisa mengalahkan wom (word of mouth) dalam mempengaruhi penjualan produk kuliner. Competence: Journal of Management Studies, 12(1).
Paludi, S. (2016). Analisis pengaruh electronic word of mouth (E-wom) terhadap citra destinasi, kepuasan wisatawan, dan loyalitas destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Panorama Nusantara, 11(1).
Aditya, U. N., & Waluyo, M. (2020). Analisis hubungan faktor-faktor electronic word of mouth dalam proses keputusan pembelian mitsubishi xpander. JUMINTEN, 1(2), 81-92.
Aragoncillo, L., & Orus, C. (2018). Impulse buying behaviour: an online-offline comparative and the impact of social media. Spanish Journal of Marketing-ESIC, 22(1), 42-62.
Anggrayeni, D., & Ramaditya, M. (2020). Pengaruh EWOM, Kepercayaan Online, dan Kenyamanan Pembelian terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 60-71.
Fajar, A. (2019). KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH KEADILAN TERHADAP ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM E-COMMERCE (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Park, E. J., Kang, E. M., & Jung, Y. J. (2014, July). Assessing e-impulse buying for fashion products: The role of browsing and urges to buy. In Global Marketing Conference (pp. 1469-1471).
Adha, S. (2022). Faktor revolusi perilaku konsumen era digital: sebuah tinjauan literatur. Jipis, 31(2), 134-148.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.
Dwitya, B. H. K. (2023). Pengaruh Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Dalam Live Streaming Shopping (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).