PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN POWERPOINT iSPRING SUITE 11 PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran baru berbasis android menggunakan Powerpoint iSpring Suite 11 dalam pembelajaran kimia khususnya pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 9 Manado kelas X. Tujuan lainnya adalah untuk menguji kelayakan dan praktikalitas media pembelajaran berbasis android dalam pembelajaran hukum-hukum dasar kimia di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia, siswa kelas X khususnya kelas X-3, 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Media pembelajaran berbasis android dikembangkan dan diimplementasikan dalam pembelajaran kimia di kelas X-3 di SMA Negeri 9 Manado. Media pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan layak atau valid berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi. Ahli materi memberikan validasi dengan presentase 88% dan ahli media memberikan validasi dengan presentase 90%, sehingga media dinyatakan valid dan dapat digunakan di sekolah dan juga media pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil uji praktikalitas dari guru mata pelajaran dan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon guru mata pelajaran dengan presentase 94% dan angket respon siswa dengan presentase 87%, sehingga dinyatakan sangat praktis untuk digunakan di sekolah.
References
R.Ahmad Zaky el Islami, “PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA KONSEP SISTEM KOLOID (Quasi Eksperimen di MAN 2 Kota Bogor),†2010. Accessed: Aug. 06, 2023. [Online]. Available: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/8449
S. Yustina, Y. Irhasyuarna, and D. M. Kusasi, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANJARMASIN,†2014.
G. D. Samudro, A. Shodikin, and K. N. Aini, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar,†Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), vol. 6, no. 2, pp. 161–169, 2022, doi: 10.24036/jep/vol6-iss2/692.
W. Balai Diklat Jakarta, J. Rawa Kuning Pulo Gebang Cagung, and J. Timur, “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Iwan Falahudin A. Pendahuluan,†2014. [Online]. Available: www.juliwi.com
M. Hasan, Mp. Milawati, Mp. Darodjat, and Ma. DrTuti Khairani Harahap, “Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN,†2021.
Hermasnyah Mufadilah, “PENGEMBANGAN APLIKASI OUR CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KONTEKSTUAL BERBASIS ANDROID PADA,†2021.
Z. Anwar, M. S. Kahar, R. D. P. Rawi, N. Nurjannah, H. Suaib, and F. Rosalina, “Pengembangan Media Powerpoint Berbasis Video Interaktif di Pembelajaran Matematika,†Journal of Educational Science and Technology (EST), pp. 167–177, Jun. 2020, doi: 10.26858/est.v6i2.13179.
E. M. Ramadani and Nana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Ispring Suite 9 dengan Model POE2WE pada Materi Teori Kinetik Gas,†Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), vol. 8, no. 3, pp. 79–86, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/16803
I. R. Lubis and J. Ikhsan, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA,†JURNAL INOVASI PENDIDIKAN IPA, vol. 1, no. 2, pp. 191–201, 2015.
Copyright (c) 2024 SOSCIED

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong