EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM II NEWTON
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of using the problem posing learning model with an environmental approach to learning outcomes. This research was conducted at SMA N 1 Likupang, North Minahasa. In this study using one group pretest-posttest design. The instrument in this study used a cognitive description test in the form of a pre-test and posttest to measure student learning outcomes. The sample in this study was class X MIA II which amounted to 20 students. The average pretest score is 50 and the average posttest score is 84.25, the results of the data processing show an increase. The results of the N-Gain Test score 0.7791 which shows that there is an increase in student learning outcomes in the high category with a percentage of 77.90%. Based on this data, it can be concluded that the Problem Posing Learning Model with an Environmental Approach can improve student learning outcomes on the material of Newton's Law II
Article Details
How to Cite
Jacobus, M., Rende, J., & Tumimomor, F. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM II NEWTON. SOSCIED, 7(2), 483-490. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.848
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Ginting, R. R., Ginting, E. V., Hasibuan, R. J., & Perangin-angin, L. M. (2022). Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di Sdn0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(04), 407-416.
Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91-99.
Umar, S., Silangen, P. M., & Mandang, T. (2023). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FISIKA HUKUM PASCAL. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 55-62.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Imama, H. N., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(3), 435-443.
Sundari, H. (2015). Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.
Mukaromah, L., Ningsih, E. F., Choirudin, C., & Sekaryanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Lingkaran Berbantu Video Animasi. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 46-52.
SAMOSIR, K. (2022). Penerapan Model Kooperatif Problem Posing Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 5 Tebo. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(1), 45-50.
Widiarti, D., Sahputra, R., & Rasmawan, R. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(10).
Sobur, A. (2018). Penerapan pendekatan lingkungan dalam meningkatkan pemahaman materi IPA di SDN Suryakencana CBM. utile: Jurnal Kependidikan, 4(2), 32-46.
Parindra, W. D., Santosa, A. B., & William, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 91-99.
Umar, S., Silangen, P. M., & Mandang, T. (2023). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FISIKA HUKUM PASCAL. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 55-62.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Imama, H. N., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh efektivitas pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar praktikum akuntansi dengan self efficacy sebagai moderasi. AKUNTABEL: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 18(3), 435-443.
Sundari, H. (2015). Model-model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-117.
Mukaromah, L., Ningsih, E. F., Choirudin, C., & Sekaryanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Lingkaran Berbantu Video Animasi. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 46-52.
SAMOSIR, K. (2022). Penerapan Model Kooperatif Problem Posing Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 5 Tebo. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2(1), 45-50.
Widiarti, D., Sahputra, R., & Rasmawan, R. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(10).
Sobur, A. (2018). Penerapan pendekatan lingkungan dalam meningkatkan pemahaman materi IPA di SDN Suryakencana CBM. utile: Jurnal Kependidikan, 4(2), 32-46.