PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 TENGAH TANI

  • Fitri Huriatul Jannah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rinto Rinto Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Rahmat Hidayat
Keywords: Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII C SMPN 1 Tengah Tani pada mata pelajaran IPA tahun pelajaran 2024/2025. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model PTK menurut Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data minat belajar siswa menggunakan angket minat belajar dan juga observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu dari kegiatan prasiklus hasilnya sebesar 61% (kategori cukup), dan meningkat pada siklus I sebesar 70% (kategori baik), dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80% (kategori sangat baik). Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis digital mampu meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas VII C SMPN 1 Tengah Tani pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025.

References

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara.

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Souisa, H.F. (2022). Implementasi Penggunaan Media Gambar terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres 26 Kabupaten Sorong. SOSCIED, 5(2).

Yunitasari, Ria, & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, & Angga Setiawan. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.176

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1(1).

Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Gea. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1).

Sihabudin, S. (2021). Blended Learning: Strategi Pembelajaran di Era Digital. Malang: CV. Pustaka Learning Centre.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Afdalia, T. & Arifin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Majene. Jurnal Sosialisasi, 10(3), 129-137.

Achru, A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idarah, III(36), 205–215.

Khairina, Rizki Mutia, & Syafrina, Alfiati. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.); 1st ed.). Gunadarma Ilmu.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3rd ed.). Deakin University.

Iswanto. (2021). Pengembangan Instrument Minat Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Syntax Idea, 3(2).

Komarudin, & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Laboratorium Sosial Politik Press Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta.

Pranatawijaya, V. H., Priskila, R., Widiatry, W., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia N., R. S.F.D.W., & M. N.A. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Dharmawangsa, 18(1), 205 – 218.
Published
2025-06-15
How to Cite
Jannah, F., Rinto, R., & Hidayat, R. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 TENGAH TANI. SOSCIED, 8(1), 330-338. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.938