IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SMP NEGERI 14 KOTA MANADO

Main Article Content

Ferny Tumbel
Dientje Pendong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) di SMP Negeri 14 Kota Manado. Jenis Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Negeri 14 Manado, serta yang menjadi subjek penelitian adalah komponen sekolah SMP Negeri 14 kota Manado, yaitu Kepala Sekolah, guru, staf administrasi, peserta didik, dan beberapa orang tua peserta didik. Pelaksanaan Penelitian dilakukan pada semester genap TA 2024/2025. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi partisipatif, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAKEM di sekolah SMP Negeri 14 Kota Manado masih kurang optimal disebabkan oleh masih minimnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa secara aktif, kreatif, dan menyenangkan. Persentase pemahaman dan keterlaksanaan PAKEM di sekolah sebesar 64% yang termasuk dalam kategori cukup. Hambatan ini diperkuat oleh kurangnya pelatihan yang berkelanjutan, terbatasnya fasilitas dan sumber daya, serta budaya sekolah yang tidak mendukung inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya sistematis melalui peningkatan kompetensi guru, penguatan dukungan kelembagaan, serta perubahan paradigma pendidikan yang menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran.
 
         
 
Kata Kunci: PAKEM, SMP Negeri 14 Kota Manado.
 
 

Article Details

How to Cite
Tumbel, F., & Pendong, D. (1). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SMP NEGERI 14 KOTA MANADO. SOSCIED, 8(2), 426-433. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i2.998
Section
Articles

References

Pemerintah Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Departemen Pendidikan Nasional.(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11-28.

Wilka, W., & Bulkani, B. (2019). Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus pada SMA Negeri 2 Katingan Hilir): Implementation of School-Based Management (Case Study at Katingan Hilir 2 High School). Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 18-26.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 102-109.

Sakila. (2020). Pelaksanaan Pendekatan “PAKEM” dalam Pembelajaran Menulis Teks Pidato pada Siswa SMP. Batra: 6(1).

Sari, E., Ansyah, E., & Kusuma, R. G. T. (2021). Analisis Hasil Penelitian Yang Menggunakan Pakem Bagi Anak Sekolah Dasar. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(3), 328-338.

Gani, M., Rungkat, J., Harahap, F., & Rogahang, M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Di SMP Negeri 8 Satap Tondano SOSCIED. 7(2), 706-714.

Rus’an. (2018). Pembelajaran yang Berorientasi Pada Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Journal of Pedagogy: 1(1).

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Pratiwi, N. F., Djumhana, N., & Hermawan, R. (2019). Penerapan pendekatan PAKEM untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 26-37

Suryadi, F., Pasaribu, M. H., Siahaan, A. D., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Peran manajemen pendidikan dalam mewujudkan sekolah berkualitas. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 92-107.

Naili, S., Muqit, A., & Hunaida, W. L. (2024). Implikasi Mutu Fasilitas Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 145-153.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times