TINJAUAN DIMENSI SALURAN DRAINASE PADA RUAS JALAN FRANS KAISEPO KOTA SORONG

Main Article Content

Yusverison Andika
Imam Trianggoro Saputro
Yan Fredrik Bonai

Abstract

Prasarana dan sarana atau infrastruktur diartikan sebagai fasilitas fisik suatu kota atau negara yang sering disebut pekerjaan umum yang meliputi bangunan fasilitas-fasilitas dasar, Drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Perencanaan drainase yang harus diperhatikan adalah data curah hujan, tata guna lahan dan dimensi saluran. Saluran drainase direncanakan untuk menampung debit rencana dengan aman berdasarkan data curah hujan Pada saluran yang ada di sepanjang daerah Jalan Frans Kaisepo kilo meter 8 SMEA tersebut sering terjadi genangan air setiap musim hujan nya maka perlu dilakukan kajian untuk menganalisis kapasitas saluran drainase tersebut.  Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan merencanakan dan menghitung kapasitas debit  curah hujan yang masuk kedalam saluran drainase dengan kondisi rencana dan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir pada saluran drainase, di ruas Jalan Frans Kaisepo  kilo meter 8 Kota Sorong. Metode penelitian kali ini Debit rencana dihitung dengan mengunakan rumus rasional dan kapasitas saluran dihitung dengan rumus kontinuitas dan manning, logpearson III. Hasil analisa yang diperoleh diketahui dimensi saluran existing masih mampu mengalirkan  debit  air  hujan , terjadi banjir disebabkan karena penumpukan sampah dan pendangkalan.

Article Details

How to Cite
Andika, Y., Saputro, I., & Bonai, Y. (2020). TINJAUAN DIMENSI SALURAN DRAINASE PADA RUAS JALAN FRANS KAISEPO KOTA SORONG. Jurnal Karkasa, 4(2), 76-83. https://doi.org/10.32531/jkar.v4i2.238
Section
Articles

References

Hadihardaja, Joetata . DKK (1997), Rekayasa Pondasi I (Konstruksi Penahan Tanah), Gunadarma, Jakarta.
Hasmar, H. A. H, (2002), Drainase Terapan, UII Press, Yogyakarta.
Hasan, H, (2003), Strategi Pengelolaan Sistem Drainase Kota Lhokseumawe, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Kusumawardani, S, (2005), Strategi Pengendalian Banjir di Kawasan Kali Rungkut Kota Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Sosrodasono dan Takeda. (1987), Hidrologi Untuk Pengairan, Pradnya Paramita, Jakarta.
Suripin. (2004), Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, ANDI Offset, Yogyakarta.
Wesli, (2008), Drainase Perkotaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Triatmadja, B. T, (2009), Hidrologi Terapan, Penerbit Beta offset, Yogyakarta.
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 20 times