ANALISIS KETERLAMBATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR PADA PEMBANGUNAN PUSKESMAS ABUN KABUPATEN TAMBRAUW

Main Article Content

Sophia Rany Kolin
Muh. Akhsan Samaila

Abstract

Dampak keterlambatan pelaksanaan pekerjaan suatu proyek akan sering terjadi apabila terdapat ketidaksesuaian antara perencanaan dengan kenyataan yang ada dilapangan. Maksud tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi keterlambatan proyek dan sub faktor yang mempengaruhi keterlambatan proyek pada tiap faktornya. Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan Puskesmas Abun Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu relatif indeks yang menetukan perolehan nilai tertinggi faktor pengaruh keterlambatan sedangkan penentuan subfaktor di tiap faktor keterlambatan yang lolos uji KMO-MSA dengan acuan nilai skor faktor tertinggi pada metode analisis faktor. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, faktor keterlambatan yang paling dominan adalah karakteristik tempat dengan nilai RI sebesar 0,550. Untuk subfaktor yang paling berpengaruh pada tiap faktor yang lolos uji KMO-MSA dengan acuan nilai skor faktor tertinggi berdasarkan analisis faktor adalah lingkup dan kontrak/dokumen pekerjaan (subfaktor keterlambatan dalam membuat keputusan), sistem inpeksi, kontrol dan evaluasi pekerjaan (subfaktor tata cara evaluasi kemajuan pekerjaan yang lama dan lewat jadwal yang disepakati), manajerial (subfaktor komunikasi antara pemilik dan kontraktor, karakteristik tempat (subfaktor lokasi proyek dan subfaktor akses ke lokasi proyek), tenaga kerja (subfaktor keahlian tenaga kerja) dan bahan (subfaktor keterlambatan pengiriman barang).

Article Details

How to Cite
Kolin, S., & Samaila, M. (2022). ANALISIS KETERLAMBATAN PROYEK MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR PADA PEMBANGUNAN PUSKESMAS ABUN KABUPATEN TAMBRAUW. Jurnal Karkasa, 8(1), 27-33. https://doi.org/10.32531/jkar.v8i1.477
Section
Articles

References

Ahmed, S.M., Salman, A. Castillo, M., & Kappagantula, P, “Construction Delays in Florida: An Empirical Study”, 2002.

Assaf, A., “Causes of Delay in Large Building Construction Projects. Journal of Management in Engineering”, 1995.

Bakhtiyar, A., Soehardjono, A., & Hasyim, M.H., “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Proyek Konstruksi Pembangunan Gedung di Kota Lamongan”, Jurnal Rekayasa Sipil, 6(1) : 55-66, 2012.

Deshariyanto, D. & Fansuri, S., “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Pelaksanaan Proyek Konstruksi di DInas PU. Bina Marga Kabupaten Sumenep”, Jurnal Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep, 2013.

Dipohusodo, I., “Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 1”, Yogyakarta : Kanisius, 1996.

Kusjadmikahadi, R.A., “Studi Keterlambatan Kontraktor dalam Melaksanakan Proyek Konstruksi di Daerah Istimewa Yogyakarta”, 1999.

Leonda, Gesti, “Studi Keterlambatan Penyelesaian Proyek Konstruksi Pada Tahun 2007 di Daerah Belitung”, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia,Yogyakarta, 2008.

Mustika, A.F., Hasyim, M.H., & El-Unas,S., “Analisa Keterlambatan Proyek Menggunakan Fault Tree Analysis (FTA) (Studi Kasus pada Proyek Pembangunan Gedung Program Studi Teknik Industri Tahap II Universitas Brawijaya Malang)”, 2014.

Proboyo, B., “Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek : Klasifikasi Dan Peringkat Dari Penyebab-Penyebabnya”, Dimensi Teknik Sipil, Vol. 1 No. 2, September, 1999.

Ridwan, “Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta. Riduwan”, 2015.

Sunarto, “Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis," Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta, 2011.
Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 146 times