HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM KIMIA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SORONG
Main Article Content
Abstract
This study aims to determine: the significance of the relationship between the use of chemical laboratory facilities and student chemistry learning achievements; and the significance of the discipline of learning chemistry students with chemistry learning achievements. The populations in this study were students of class XII Science in SMA N 1 Sorong. A total of 97 students were taken using the Proportionate Random Sampling technique. The data collection methods used were questionnaires and documentation studies. The results showed that: 1) there was no positive and significant relationship between the use of chemical laboratory facilities and student chemistry learning achievements; and 2) there is no positive and significant relationship between the discipline of chemistry learning students and students' chemistry learning achievement.
Article Details
How to Cite
VAN HARLING, V., & Tobi, M. (2019). HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN FASILITAS LABORATORIUM KIMIA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SORONG. SOSCIED, 2(2), 64-75. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v2i2.175
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Sanjaya. W. Dr. Mpd. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Susiwil, Hinduan. A, Liliasari, Sadijah. 2009. Analisis Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H”. Jurnal Pengajaran MIPA, vol 14.
Irianto. B. Y. M.Pd dan Saud. S. U. Ph.D. 2009. Manajemen Pendidikan, Tim Dosen Administrasi Pendidikan Indonesia. Alfabeta: Bandung
Amien, M. 1987. Mengajarkan IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Penner, D. E., Lehrer, R., & Schauble, L. 1998. From Physical Models To Biomechanics: A Design Based Modeling Approach: The Journal of The Learning Science
Hofstein, A. And Lunetta, V. N, 2003. The Laboratory In Science Education: Foundation for the Twenty-First Century
Sakdiyah, E. M. 2006. Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeeri 1
Tayu Pati Semester II tahun ajaran 2006/2007. Semarang: FE. UNNES
Sobiroh A. 2006. Pemanfaatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Semarang: UNNES
Yulianto. A. R. 2007. Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Kristen (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Salatiga. Salatiga: PPS MP UKSW
Wibowo A. Bekti. 2006. Hubungan antara gaya belajar, disipilin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 getasan. Salatiga: FKIP UKSW
Nikmah, R. A. 2010 Hubungan Antara Disiplin Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA N 1 Suruh tahun 2009-2010. FKIP. UKSW: Salatiga
Sunaryo, dkk. 1985. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Departemen pendidikan dan kebudayaan.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Nurdin. W. B. 2007. Peranan Laboratorium Fisika di Perguruan Tinggi Dalam Proses Standarisasi Pengukuran Besaran Massa, Panjang dan Waktu di Masyarakat.
Anonim. 2008. Pengertian Laboratorium. http://smileboys.blogspot.com/2008/05/pengertian-laboratorium.html. diakses tanggal 12 Maret 2010.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahayu. W. S. 2010. Metode Eksperimen Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dalam Sub pokok Bahasan “Pertumbuhan Pada Tumbuhan” Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta: FKIP UMS
Slameto 1998. Disiplin dalam Pendidikan, Satya widya (jurnal penelitian pengembangan pendidikan: Salatiga
Dahar, R.W. 2003. Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Budiyono. Drs. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Sebelas Sebelas Maret University Press
Arikunto, S. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka cipta
Chandra Radityo. 2008. Hubungan Antara Tingkat Stres Kerja Guru dan Tingkat Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dengan Kinerja Guru SMK Kristen 2 Klaten. Salatiga: PPS. UKSW
Priyatno, Dwi. 2009. Mandiri Belajar SPSS, Untuk Analisis Data dan Statistik. Jakarta: Mediakom
Susiwil, Hinduan. A, Liliasari, Sadijah. 2009. Analisis Ketrampilan Proses Sains Siswa SMA pada “Model Pembelajaran Praktikum D-E-H”. Jurnal Pengajaran MIPA, vol 14.
Irianto. B. Y. M.Pd dan Saud. S. U. Ph.D. 2009. Manajemen Pendidikan, Tim Dosen Administrasi Pendidikan Indonesia. Alfabeta: Bandung
Amien, M. 1987. Mengajarkan IPA dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inquiry. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Penner, D. E., Lehrer, R., & Schauble, L. 1998. From Physical Models To Biomechanics: A Design Based Modeling Approach: The Journal of The Learning Science
Hofstein, A. And Lunetta, V. N, 2003. The Laboratory In Science Education: Foundation for the Twenty-First Century
Sakdiyah, E. M. 2006. Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeeri 1
Tayu Pati Semester II tahun ajaran 2006/2007. Semarang: FE. UNNES
Sobiroh A. 2006. Pemanfaatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas 2 SMA Se-Kabupaten banjarnegara Semester 1 Tahun 2004/2005. Semarang: UNNES
Yulianto. A. R. 2007. Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Kristen (Kelompok Bisnis dan Manajemen) Salatiga. Salatiga: PPS MP UKSW
Wibowo A. Bekti. 2006. Hubungan antara gaya belajar, disipilin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP N 1 getasan. Salatiga: FKIP UKSW
Nikmah, R. A. 2010 Hubungan Antara Disiplin Belajar Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA N 1 Suruh tahun 2009-2010. FKIP. UKSW: Salatiga
Sunaryo, dkk. 1985. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Departemen pendidikan dan kebudayaan.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Nurdin. W. B. 2007. Peranan Laboratorium Fisika di Perguruan Tinggi Dalam Proses Standarisasi Pengukuran Besaran Massa, Panjang dan Waktu di Masyarakat.
Anonim. 2008. Pengertian Laboratorium. http://smileboys.blogspot.com/2008/05/pengertian-laboratorium.html. diakses tanggal 12 Maret 2010.
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahayu. W. S. 2010. Metode Eksperimen Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dalam Sub pokok Bahasan “Pertumbuhan Pada Tumbuhan” Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Sumberejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta: FKIP UMS
Slameto 1998. Disiplin dalam Pendidikan, Satya widya (jurnal penelitian pengembangan pendidikan: Salatiga
Dahar, R.W. 2003. Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Budiyono. Drs. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Sebelas Sebelas Maret University Press
Arikunto, S. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka cipta
Chandra Radityo. 2008. Hubungan Antara Tingkat Stres Kerja Guru dan Tingkat Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dengan Kinerja Guru SMK Kristen 2 Klaten. Salatiga: PPS. UKSW
Priyatno, Dwi. 2009. Mandiri Belajar SPSS, Untuk Analisis Data dan Statistik. Jakarta: Mediakom