ANALISIS FASILITAS PENGELOLAAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMA N 1 DAN SMA KRISTEN DI DUMOGA TIMUR
Main Article Content
Abstract
There are problems with the layout of the biology internship room which does not meet laboratory standards. Tools and materials for practice are not complete. Laboratory management facilities have not supported student learning and the purpose of this study was to determine the biology laboratory management facilities of SMA N 1 Dumoga and SMA Kristen Dumoga Dumoga East to support academics. The method used is descriptive and qualitative. The results showed the overall level of readiness of the biology laboratory of SMA N 1 Dumoga and SMA Kristen Dumoga Dumoga Timur. A total of 78 schools met the readiness criteria, 58 schools met the readiness criteria to support student learning, data on the readiness of practicum tools and materials in each school reached 77.5% of schools met the readiness criteria, 57.5% of schools met the readiness criteria. sufficient readiness criteria, the results of the assessment through filling out the questionnaire distributed to students showed that the respondent scored 70% and respondent 2 scored 66%. Based on the results of research conducted in 2 schools SMA N 1 Dumo ga and SMA Kristen Dumoga Dumoga East regarding the management of laboratory facilities supporting biology learning, it can be concluded that the laboratory conditions Standardization of biology experiment laboratories are not good. this can be proven from the results of data analysis obtained. Keywords: Learning analysis, Laboratory, qualitative descriptive
Article Details
How to Cite
Umboh, M., Yalindua, A., & Moko, E. (2023). ANALISIS FASILITAS PENGELOLAAN LABORATORIUM DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMA N 1 DAN SMA KRISTEN DI DUMOGA TIMUR. SOSCIED, 6(2), 487-494. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i2.719
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Martin. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sis. Jurnal Misykat, 03(01), 171
Awwaliyah, R. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52. Asih Widi Dan Eka. (2014) Metodologi Pembelajaran Ipa. Cet Ke 1, Jakarta. Bumi Aksara
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendikan Program Pascasarjana, 9(3).
Ritonga, W. I. B. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Pada Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
Asih Widi Dan Eka. (2014). Metodologi Pembelajaran Ipa. Cet Ke 1, Jakarta, Bumi Aksara
Setiawati, Siti M. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1).
Cipta Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2 (2), 52-60.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2).109-115.
Anonim. 2011. Diakses tanggal 14 Oktober 2013. Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Biologi. http://118.98.236.126/files/Buku Perawatan Alat Lab Biologi.pdf.
Khumaidi, N. (2011). Kesiapan Laboratorium Biologi SMA Negeri dalam Mendukung Pembelajaran Biolog di Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.
Nyoman Mastika, I.. Putu Adnyana, I. B., Gusti. I.. & Setiawan. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Dalam Proses Pembelajaran Di Sma Negeri Kota Denpasar. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA,
Tatimmah. L. L. I. (2017). Analisis Kesiapan Laboratorium Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Sma/Ma Se-Bandar Lampung (Doctoral dissention, UIN Raden Intan Lampung).
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio. 2(2), 49-57.
Hartati, Sri. (2018). Pengelolaan Laboratorium Biologi. Banadar Lampung, Puskimala. Khumaidi. N. (2011). Kesiapan Laboratorium Biologi SMA Negeri Lelam Mendukung Pembelajaran Biolog di Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, (Cet. Ke 2), Bandung, Alfabeta, 2018. Setiawati, Siti M. 2018. Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1).
Ali Suharsimi (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rincka
Arikunto, (2018) Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta,
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sis. Jurnal Misykat, 03(01), 171
Awwaliyah, R. (2019). Pendekatan pengelolaan kurikulum dalam menciptakan sekolah unggul. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 35-52. Asih Widi Dan Eka. (2014) Metodologi Pembelajaran Ipa. Cet Ke 1, Jakarta. Bumi Aksara
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendikan Program Pascasarjana, 9(3).
Ritonga, W. I. B. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Pada Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
Asih Widi Dan Eka. (2014). Metodologi Pembelajaran Ipa. Cet Ke 1, Jakarta, Bumi Aksara
Setiawati, Siti M. (2018). Telaah Teoritis : Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1).
Cipta Amsari, D., & Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E. Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2 (2), 52-60.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2).109-115.
Anonim. 2011. Diakses tanggal 14 Oktober 2013. Panduan Teknis Perawatan Peralatan Laboratorium Biologi. http://118.98.236.126/files/Buku Perawatan Alat Lab Biologi.pdf.
Khumaidi, N. (2011). Kesiapan Laboratorium Biologi SMA Negeri dalam Mendukung Pembelajaran Biolog di Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.
Nyoman Mastika, I.. Putu Adnyana, I. B., Gusti. I.. & Setiawan. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Dalam Proses Pembelajaran Di Sma Negeri Kota Denpasar. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA,
Tatimmah. L. L. I. (2017). Analisis Kesiapan Laboratorium Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Sma/Ma Se-Bandar Lampung (Doctoral dissention, UIN Raden Intan Lampung).
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio. 2(2), 49-57.
Hartati, Sri. (2018). Pengelolaan Laboratorium Biologi. Banadar Lampung, Puskimala. Khumaidi. N. (2011). Kesiapan Laboratorium Biologi SMA Negeri Lelam Mendukung Pembelajaran Biolog di Kabupaten Rembang. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, (Cet. Ke 2), Bandung, Alfabeta, 2018. Setiawati, Siti M. 2018. Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1).
Ali Suharsimi (2018) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rincka
Arikunto, (2018) Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta,