PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD-ELEKTRONIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REMBOKEN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD-Elektronik terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Remboken yang pelaksanaannya pada bulan April 2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pre-test post-test control group desain. Terdapat dua sampel dalam penelitian ini yaitu, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa instrument tes dalam bentuk LKPD-Elektronik. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik materi sistem reproduksi manusia pada peserta didik SMA. Berdasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t mendapatkan hasil yaitu, nilai thitung = 5,91 dan nilai ttabel = 1,69 dengan taraf signifikan 0,05. Terlihat bahwa thitung > ttabel sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan model PBL berbantuan LKPD-Elektronik.
Article Details
How to Cite
Marentek, T., Yalindua, A., & Tanor, M. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD-ELEKTRONIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 REMBOKEN. SOSCIED, 7(1), 270-278. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i1.793
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Nurul Azizah dan Heffi Alberida. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA. Journal For Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.
Iskandar, D. Ginting, Ely Djulia dan Gultom. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Ilmiah di MAN Kabanjahe. J. Bioloku J. Peneliti. Pendidikan Biologi, 1(1), 30-35.
Laksmiwati, Dwi, Hadisaputra, Saprizal dan Siahaan Jack. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Malmia. (2019). Problem Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcome. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140-1143.
Nadiya, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Saraf: Penelitian pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kawali Kab. Ciamis (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gung Djati Bandung).
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Teori Aktif dan Asesmen. Bandung: Remaja Rodakarya.
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nua, M. T. P., Wahdah, N., Mahfud, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) K-13 Berbasis Discovery Learning Siswa SMA Kelas X pada Materi Analisis Vektor. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95-104.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Baicedu,5(5), 4341-4350.
Muslimah. (2017). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Angewandte Chemie International Edition, 6(11, 951-952.
Jowita, V. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 4 Sehat Itu Penting Subtema 3 Lingkungan Sehat Di Kelas V Sd Negeri. 55(1), 1-10.
Ahmad Syafii, Tri Marfiyanto dan Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Sumartono, S. & Normalina, N. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble di SMP. EDU-MAT, 3(1), 9-18.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Kencana.
Baharudin & Wahyuni, E. N. (2016). Teori Belajar & pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Desriyanti. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimia, 1(2), 70-78.
Nurul Azizah dan Heffi Alberida. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA. Journal For Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.
Iskandar, D. Ginting, Ely Djulia dan Gultom. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Ilmiah di MAN Kabanjahe. J. Bioloku J. Peneliti. Pendidikan Biologi, 1(1), 30-35.
Laksmiwati, Dwi, Hadisaputra, Saprizal dan Siahaan Jack. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Malmia. (2019). Problem Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcome. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140-1143.
Nadiya, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Saraf: Penelitian pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kawali Kab. Ciamis (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gung Djati Bandung).
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Teori Aktif dan Asesmen. Bandung: Remaja Rodakarya.
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Nua, M. T. P., Wahdah, N., Mahfud, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) K-13 Berbasis Discovery Learning Siswa SMA Kelas X pada Materi Analisis Vektor. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 95-104.
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Baicedu,5(5), 4341-4350.
Muslimah. (2017). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Angewandte Chemie International Edition, 6(11, 951-952.
Jowita, V. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 4 Sehat Itu Penting Subtema 3 Lingkungan Sehat Di Kelas V Sd Negeri. 55(1), 1-10.
Ahmad Syafii, Tri Marfiyanto dan Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.
Sumartono, S. & Normalina, N. (2015). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble di SMP. EDU-MAT, 3(1), 9-18.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Kencana.
Baharudin & Wahyuni, E. N. (2016). Teori Belajar & pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Desriyanti. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimia, 1(2), 70-78.