PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON

  • Susye Frigawati Lahimade Universitas Negeri Manado
  • Desire A. S Rumondor Universitas Negeri Manado
  • Septiany Ch Palilingan Universitas Negeri Manado
Keywords: Android app, multiple representations, atomic structure, learning media, self-learning

Abstract

This study aims to test the feasibility of multiple representation-based interactive Android applications on atomic structure material as an independent learning resource for students at Karitas Tomohon Catholic High School. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results showed that this application was able to facilitate learning by integrating three levels of chemical representation (macroscopic, microscopic, and symbolic). The research subjects included chemistry teachers, grade X students, especially grade X-A, as well as two media experts and two material experts. Validation by media experts showed a feasibility level of 87%, while material expert validation reached 96%. The chemistry teacher's response gave a feasibility level of 100%, while the student's response reached 88%, both of which were included in the very feasible category. This application is expected to be an innovation in chemistry learning, especially as an interesting and useful independent learning media.

References

Alifa, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Platform Android Materi Bentuk Molekul. Skripsi: Jakarta, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Chang, R. (2010). Kimia Dasar. Jakarta: Erlangga.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional.

Gulo, J. P., Palilingan, S. C., & Karundeng, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 11 Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa. Jurnal SOSCIED.

Kustandi, C., Zianadezdha, A., Fitr, A. K., Farhan, M., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan.

Leo, Y., & Putri, A. D. (2020). Game Edukasi Pengenalan Peta Buta Benua Asia Berbasis Android. Journal Information System Development.

Pradipta, D. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Keterampilan Proses Sains. Skripsi: Bandar Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia.

Rumondor, D. A., Akbar, J. S., & Polii, H. J. (2024). Hubungan Antara Penerapan Model Pencapaian Konsep Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 1 Manado Pada Mata Pelajaran Kimia. OXYGENIUS: Journal Of Chemistry Education.

Sasuang, R. Y., & Saiya, A. (2022). Pengembangan Paket Pembelajaran Kimia Berbantuan Powerpoint Pada Materi Struktur Atom. OXYGENIUS: Journal Of Chemistry Education.

Sinaga, A. S., & Roza, D. (2022). Modifikasi media pembelajaran berbasis android pada materi laju reaksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Sukmawati, W. (2019). Analisis Level Makroskopis, Mikroskopis Dan Simbolik Mahasiswa Dalam Memahami Elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.

Syahril. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Dengan Mobile Learning Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Kelas X Di SMK Negeri 1 Tapaktuan. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.

Triani, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Platform Appypie Pada Materi Virus Untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi: Pekan Baru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.

Widiyaningsih, U., Fatah, A. H., & Syarpin. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang.

Wilar, G. J., & Gugule, S. (2021). Pembelajaran Multipel Representasi Disertai Praktikum Pada Materi Ikatan Kimia. OXYGENIUS: Journal Of Chemistry Education.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education.

Yusuf, R., & Primartadi, A. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Sistem Kopling di Universitas Muhhamadiyah Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Zuraini, Winarni, S., & Hanum, L. (2023). Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Representasi Makroskopik, Submikroskopik, dan Simbolik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia (JIMPK).
Published
2025-06-15
How to Cite
Lahimade, S., Rumondor, D., & Palilingan, S. (2025). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI STRUKTUR ATOM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON. SOSCIED, 8(1), 170-176. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.925