ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA BERDASARKAN PENGGUNAAN STRUKTUR PC-I GIRDER DAN PC-T GIRDER PADA JEMBATAN KANDAI, KABUPATEN DOMPU

Main Article Content

Cahyo Dita Saputro
Wira Setiawan

Abstract

Jembatan diklasifikasikan berdasarkan jenis struktur atasnya, satu jenis struktur atas jembatan adalah menggunakan beton prategang, beton prategang juga dibedakan berdasarkan profil penampangnya yaitu PC-T, PC-I, T Girder, Box Girder, pada penelitian ini dilakukan perbandingan untuk melihat perbedaan struktur atas dan biaya jembatan dengan bentang 30,8 meter pada jembatan Kandai dengan struktur atas eksistingnya menggunakan PC-I Girder dan akan dibandingan dengan PC-T Girder untuk memperoleh perbedaan perilaku, efektivitas strukur serta biaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dimulai dengan mengetahui beberapa rumusan masalah, mengumpulkan data kemudian merencanakan beban rencana untuk jembatan lalu memodelkan pada software SAP2000 setelah memodelkan dan mendapatkan gaya dalam selanjutkan dilakukan analisis struktur untuk memeriksa Safety factor kemudian dilakukan analisis biaya dan melakukan rekap perbandingan antara PC-I dan PC-T Girder yang berupa perbedaan gaya prategang kondisi awal, nilai kehilangan tegangan, gaya pratengang kondisi layan, gaya prategang akhir dan biaya yang disajikan dalam bentuk grafik. Dari hasil analisis perhitungan didapat kesimpulan bahwa PC-I Girder lebih efektif dibanding PC-T Girder, hal ini ditunjukan oleh nilai volume total beton PC-T Girder yaitu 128,805 m3 dan jumlah strand PC-T Girder 355 strand, dimana volume total beton PC-I Girder yaitu 101,175 m3 dan jumlah strand PC-I Girder yaitu  235  strand. Hal ini juga dibuktikan dengan nilai safety factor PC-I Girder terhadap momen yaitu 1,141 dan terhadap geser yaitu 3,59 yang sesuai kebutuhan, dibanding dengan safety factor PC-T Girder terhadap moment yaitu 3,97 dan terhadap geser yaitu 2,177. Momen nominal yang dihasilkan PC-I Girder yaitu 12203,56 kNm dan momen nominal yang dihasilkan PC-T Girder yaitu 58221,55 kNm. Momen maksimum yang diterima oleh PC-I Girder yaitu 10692,74 kNm dan momen maksimum yang diterima oleh PC-T Girder yaitu 12991,45 kNm, serta biaya lebih besar PC-T Girder dengan harga biaya Rp. 529,757.151,50 sedangkan PC-I Girder lebih murah dengan harga biaya Rp. 428.429.486,020

Article Details

How to Cite
Saputro, C., & Setiawan, W. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA BERDASARKAN PENGGUNAAN STRUKTUR PC-I GIRDER DAN PC-T GIRDER PADA JEMBATAN KANDAI, KABUPATEN DOMPU. Jurnal Karkasa, 8(2), 32-39. https://doi.org/10.32531/jkar.v8i2.563
Section
Articles

References

Armin, H. Manalip, Handono, B. Dwi, “Perencanaan Balok Girder Profil I pada Jembatan Prestressed dengan Variasi Bentang”, Jurnal Sipil Statik, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Vol.6 No.2, 2018.

Astuti, P. Anita, dkk, “Analisis Perbandingan PCI Girder terhadap PCU Girder Existing pada Pada Proyek Pembangunan Flyover Martadinata Bogor”, Universitas Pakuan. Bogor, 2020.

Pembebanan Untuk Jembatan, SNI-1725-2016, 2016.

Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa, RSNI-T-12-2004, 2004.

Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan, RSNI-T-12-2004, 2004.

Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung dan Penjelasan, SNI 2847-2019, 2019.
Abstract viewed = 186 times
PDF downloaded = 344 times