IMPLEMENTASI BUILDING INFORMATION MODELLING LEVEL 5D PADA PROYEK BANGUNAN AIR

Main Article Content

Ismail Mahdi Soleh
Cahyo Dita Saputro

Abstract

Fungsi dari Sabo Dam adalah untuk menahan/menangkap sedimen-sedimen yang terbawa oleh banjir lahar dingin. Banjir lahar dingin dari gunung Merapi melewati beberapa sungai disekitarnya, salah satunya yaitu sungai krasak. Building Information Modeling (BIM) adalah proses digitalisasi yang terintegrasi untuk merencanakan, mendesain, membangun, dan mengelola suatu proyek bangunan Dalam proyek Sabo Dam, perencanaan sangat penting mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan waktu. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2023, Adapun yang menjadi lokasi penelitian proyek Pembangunan Sabo Dam Sormindi Sungai Krasak Kab.magelang. Pengolahan data meliputi kegiatan pengakumulasian, pengelompokan jenis data kemudian dilanjutkan dengan analisis. Pada tahapan ini dilakukan proses pengolahan dan analisis data dengan metode BIM 5D Penggunaan BIM saat ini sangat bermanfaat pada semua kalangan pelaku konstruksi, hal ini dapat dibuktikan dengan mudah bahwa pemodelan dilakukan dengan cepat dan ringkas serta efisien. Contoh nya ketika melakukan pengecekan model yang dilakukan oleh dosen pada hasil kerja mahasiswa. Owner terhadap konsultan hingga kontraktor. Perhitungan yang dapat terhubung oleh model ini dapat menekan angka pencurian hingga korupsi BIM 5D dalam merencanakan pembangunan proyek karena metode ini dapat menghasilkan kebutuhan volume, kebutuhan banyaknya tulangan dan material lainnya dan juga dapat memvisualisasikan penjadwalan proyek sehingga apabila terjadi miskomunikasi antar gambar ataupun volume yg di hasilkan akan mudah untuk mengetahuinya.

Article Details

How to Cite
Soleh, I., & Saputro, C. (2023). IMPLEMENTASI BUILDING INFORMATION MODELLING LEVEL 5D PADA PROYEK BANGUNAN AIR. Jurnal Karkasa, 9(2), 15-23. https://doi.org/10.32531/jkar.v9i2.730
Section
Articles

References

Andiyan. (2021). Penerapan Bim untuk Sistem Penjadwalan Proyek dengan Model 4D dan Estimasi Biaya Model 5D. Jurnal Arsitektur Archicentre, 3(1), 11-21.

Ariestadi, D. (2008). Teknik Struktur Bangunan (Vol. 2). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Asroni, A. (2010). Balok dan Pelat Beton Bertulang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azhar, S. (2011). Building Information Modeling (BIM): Trends, Benefits, Risks, and Challenges for the AEC Industry. Leadership and Management in Engineering, 11(3), 241-252.

Eastman, C., Teicholz, P., Sacks, R., & Liston, K. (2011). BIM Handbook : A Guide to Building Information Modeling for Owners, Managers, Designers, Engineers, and Contractors. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Henry, G., Supani, & Adi, T. J. (2020). Perencanaan Penjadwalan dengan Aplikasi BIM Menggunakan Analisa Probabilistik (Studi Kasus Proyek Jembatan Bedadung). Jurnal Teknik ITS, 9(1), 87-91.

Nasional, B. S. (2019). Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung. Jakarta.

Ong, J., & Pheng, L. S. (2021). Waste Reduction in Precast Construction: Using Lean and Shared Mental Models (Management in the Built Environment). Springer.

PUPR, B., & Indonesia, I. B. (2018, Mei). Panduan : Adopsi BIM dalam Organisasi. Jakarta Selatan: Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Rachmawati, S. (2022). Implementasi Konsep BIM 4D Dalam Perencanaan Time Schedule Dengan Analisis Resource Levelling. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Ramdani, I., Paikun, Rozandi, A., Budiman, D., & Vladimirovna, K. E. (2022). Implementasi Building Information Modeling (BIM) Pada Proyek Perumahan. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan, 4(1), 1-15.

Reista, I. A., Annisa, & Ilham. (2022). Implementasi Building Information Modelling (BIM) dalam Estimasi Volume Pekerjaan Struktural dan Arsitektural. Journal of Sustainable Construction, 2(1), 13-22.

Soeharto, I. (1999). Manajemen Proyek: Dari Konseptual sampai Operasional. Erlangga.

Solicha, A. A., Lydianingtias, D., & Wahiddin. (2021). Aplikasi BIM pada Pembangunan Proyek Jembatan Umbul Kaji Kabupaten Malang. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS-MRK), 2(3).

Tamara, D., Ogan, S., Santiko, J., & Yaturrahmah , Y. (2021). The Implementation of Building Information Modeling Technology on Building Construction. EPH - International Journal of Applied Science (AS), 9(1), 1-14.

Umum, K. P. (2014). Pemutakhiran Buku Seri Teknologi SABO Tahun 2012 : Implementasi SABO. Jakarta.

Umum, K. P. (2018). Pemodelan 3D, 4D, 5D, 6D, dan 7D serta Simulasinua dan Level of Development (LOD). Bandung: Kementerian Pekerjaan Umum.

Widiasanti, I., & Lenggogeni. (2013). Manajemen Konstruksi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abstract viewed = 103 times
PDF downloaded = 170 times