PENGARUH BENTUK PROFIL TERSUSUN TERHADAP PERILAKU ELEMEN KOLOM BAJA

Main Article Content

Epafroditus Tuwanakotta
https://orcid.org/0000-0002-1676-3614
Anita Rosalina Paa

Abstract

Profil tersusun merupakan salah satu solusi dalam menjawab hal ini. di mana dengan menggunakan profil tersusun kita bisa dengan mudah menentukan kapasitas kemampuan memikul beban dari profil itu sendiri. Dengan mengatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan inersia yang besar yang sangat diperlukan, dalam mendesain batang tekan yang dalam hal ini adalah kolom. Dalam profil tersusun, pelat kopel digunakan untuk membuat dua atau beberapa profil menyatu dan bekerja dalam suatu kesatuan dalam memikul beban. Dan bukan hanya itu saja,pelat kopel kelemahan Di mana penambahan pelat kopel akan berdampak pada berkurangnya kelangsingan darikolom itu sendiri, yang juga akan mengurangi faktor tekuk dari penampang, yang pada akhirnya akan berdampak pada kemampuan kolom dalam memikul bebanTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh bentuk profil tersusun terhadap perilaku elemen kolom baja. hasil analisis pada  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kekuatan pada pelat kopel pada semua bentuk profil tersusun sama sebesar 3735000 N/cm2, Penempatan pelat kopel dan dimensi daripada pelat kopel tdk berpengaruh terhadap Tahanan Geser Pelat kopel itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Tuwanakotta, E., & Paa, A. (2022). PENGARUH BENTUK PROFIL TERSUSUN TERHADAP PERILAKU ELEMEN KOLOM BAJA. Jurnal Karkasa, 8(2), 50-56. https://doi.org/10.32531/jkar.v8i2.578
Section
Articles

References

Duggal, S.K., “Design of Steel Structures”, Tata Mc Graw-Hill Publishing Company Limited, New Delhi, 1993.

Gere, J, M., Timoshenko, S, P., “Mekanika Bahan”, Jakarta : Erlangga, 2000.

Morisco, dkk, “Pengetahuan Dasar Struktur Baja”, Yogyakarta : Nafiri Offset, 1991.

Salim, A, “Tinjauan Teknik 2 Jenis Kolom Baja Tersusun”, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2003.

Salmon, C, G., Johnson, J, E., “ Struktur Baja Desain dan Perilaku dengan penekanan Load and Resistance Factor Design (edisi ketiga)”, Jakarta : PT. Gramedia, 1990.

Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung, SNI-03-1729-2002, 2002.
Abstract viewed = 112 times
PDF downloaded = 153 times